Lantik 650 Satlinmas, Bupati Malang Berharap Peran Linmas Ditingkatkan

Foto : Bupati Malang menyematkan tanda satlinmas usai pelantikan

MALANGSATU.ID – Bupati Malang, HM Sanusi melantik 650 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), di Lapangan Penarukan, Kepanjen, Selasa 10/12/2019 pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Malang, menyampaikan bahwa Satlinmas mempunyai peran vital dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan ketentraman di wilayahnya. Karenanya, kemampuannya sebagai anggota Satlinmas harus ditingkatkan.

Bacaan Lainnya

“Perkuat kerjasama serta sinergitas dengan semua pihak. Mengingat sebentar lagi memasuki tahun politik, yakni pelaksanaan Pilkada Kabupaten Malang”, ujarnya.

Bupati Malang mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan langkah awal dari implementasi permendagri Nomor 84 tahun 2014.

“Pelantikan anggota Satlinmas merupakan langkah awal implementasi ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, Pasal 7 Ayat (1), yang menyebutkan bahwa anggota Satlinmas sebagaimana dimaksud pada pasal 6 dilantik oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten/Kota di wilayahnya,” jelasnya.

Bupati Malang berharap, setelah pelantikan ini, keberadaan Satlinmas nantinya dapat berjalan beriringan dengan Pemerintah Kabupaten Malang. Yaitu mensukseskan seluruh agenda pembangunan, sekaligus menjadi bagian dalam rangka menjalankan amanat sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal.

“Pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan ketenteraman dan ketertiban umum, pelayanan informasi rawan bencana, pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, pelayanan penyelamataan dan evakuasi korban bencana,” ujarnya.

Oleh karenanya, Bupati Malang, yang akrab dipanggil Abah Sanusi ini, mengajak seluruh anggota Satlinmas di wilayah Kabupaten Malang untuk terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas sebagai anggota Satlinmas yang berdedikasi tinggi. Berupaya membina kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi toleransi terhadap kemajemukkan, dan terus memperkuat koordinasi lintas sektoral.

Abah Sanusi menambahkan bahwa anggota Satlinmas, juga harus memiliki kemampuan deteksi dini terhadap berbagai perilaku masyarakat yang terkait dengan bahaya terorisme dan narkoba. Termasuk ikut kegiatan penanggulangan bencana atau mitigasi bencana, sehingga mampu meminimalisir kerugian maupun dampak bencana alam yang tidak dapat diprediksi.

“Melalui pelantikan anggota Satlinmas ini, saya berharap nantinya dapat terwujud tata kehidupan masyarakat Kabupaten Malang yang aman dan tenteram, dimana hal tersebut merupakan modal berharga dalam rangka menyukseskan seluruh agenda-agenda pembangunan daerah,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *