Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda, Bupati Malang Beri Penghargaan Pemuda Berprestasi

Foto : Pengibaran bendera upacara Hari sumpah pemuda di pendopo agung Kab malang

MALANGSATU.ID – Upara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 di gelar di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim no.7, Kota Malang, Senin 28/10/2019, dipimpin langsung oleh Bupati Malang.
Tema dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 “Bersatu Kita Maju”.

Hadiri dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua beserta Anggota Tim Penggerak PKK, dan Anggota KNPI Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

Bupati Malang HM Sanusi, membacakan sambutan resmi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, yang menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda sehingga tema pada HSP kali ini adalah “Bersatu Untuk Maju”.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Karena dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang bisa memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing”, ujarnya

Bupati Malang menyampaikan, dengan pesatnya tehnologi Informasi, maka harus dapat menyaring dari dampak negatif.

Foto : Bupati Malang memberikan penghargaan untuk tiga pemuda berprestasi

“Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga redikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, HM Sanusi, mengatakan bahwa pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional”, ujarnya.

Bupati Malang menambahkan bahwa pemuda Indonesia adalah harapan kemajuan bangsa.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. Generasi muda saat ini diharapkan memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistic dan gramatik,” jelasnya.

HM Sanusi, menyampaikan bahwa Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, dengan harapan kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Malang menyerahkan penghargaan kepada tiga pemuda berprestasi, diantaranya Iqbal Fajarudin Pangestu dengan prestasi sebagai duta pemuda peduli lingkungan asri dan bersih Tingkat Nasional bidang pemuda terbaik peduli lingkungan hidup (konservasi pohon bambu), Intania Ichwanas Soffa sebagai duta pemuda peduli lingkungan asri dan bersih bidang pemuda terbaik pengelolaan bank sampah dan Ratri Nur Milasari sebagai duta pemuda tingkat nasional dalam jambore pemuda Indonesia terbaik. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *