KPU Kab Malang Lakukan Tahapan Rekrutmen Tenaga PPS

Foto : Anis Suhartini, Ketua KPU Kab Malang

MALANGSATU.ID – KPU Kabupaten Malang telah menutup pendaftaran PPS, sesuai data yang masuk di KPU ada 2.340 orang telah mendaftar diri untuk menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang.

Anis Suhartini, Ketua KPU Kabupaten Malang,  mengatakan bahwa hari ini (24/2) merupakan hari terakhir pendaftaran. Dan dibuka dengan menampung dua kali lipat pendaftar dari kebutuhan yang ditentukan.

“Kebutuhannya 1.110 orang. Penerimaannya mulai tanggal 18 kemarin. PPS itu kan nanti ada tiga orang di masing-masing desa. Tes nya nanti awal Maret,” terangnya, Senin 24/2/2020.

Aanis mengatakan, untuk menjadi anggota PPS harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Diantaranya, jika sudah menjabat dua periode maka otomatis tidak akan lolos.

“Ya jadi harus sesuai persyaratan. Yang tidak sesuai persyaratan ya otomatis gugur. Kalau misal, ada yang daftar, tapi yang bersangkutan sudah dua periode, ya gak boleh,” jelasnya.

Anis menambahkan, untuk lolos dan tidaknya calon PPS ditentukan oleh kemampuan diri sendiri.

“Semua itu kan terkait tentang pemahaman Pemilu sebagai penyelenggara, bukan kualitasnya. Terkait penyelenggaraan, kan tergantung pemahaman dia,” ungkapnya.

lebih lanjut, Anis mengatakan bahwa PPS nanti akan bekerja selama delapan bulan, mulai pra Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang hingga pasca pemilihan.

“Nanti kan ada ditingkatkan lewat bimtek, itu yang seharusnya kita perbanyak lagi. Tapi itu juga kan semua terbatas anggaran, kita inginnya maksimal, tapi ya mau gimana lagi. Itu yang jadi salah satu kekurangan”, ujarnya.

Terkiat dengna hinor PPS, Anis menyampiakan bahwa nanti mereka menerima honor, Ketua PPS Rp 900 ribu dan anggotanya Rp 800 ribu.

“Itu sudah semua tanpa tunjangan, tidak ada BPJS juga,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *