Dampak Virus Corona, Pekerja Migran Di Taiwan Asal Malang Kekurangan Masker

Foto : Pekerja migran asal malang butuh masker

MALANGSATU.ID – Pekerja migran asal Kabupaten Malang yang berada di Taiwan kekurangan masker, hal ini disampaikan oleh Agus Arifin asal Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur saat ini adalah karyawan disalah satu pabrik yang kini tinggal di kawasan Kaohsiung City, Taiwan.

Kekurangan masker tersebut dikarenakan menurut informasi bahwa apotek-apotek di kota tersebut membatasi penjualan masker.

Melalui komunikasi smabungan telepon selulernya, Agus menyampaikan bahwa penjualan masker di apotik dibatasi.

“Hari ini, bahwa penjualan masker di toko dan apotek-apotek disini (Kaohsiung Taiwan,red) sangat dibatasi, itupun sering tidak tersedia barangnya. Masalahnya, disamping alasan medis (virus corona), warga yang keluar rumah tanpa memakai masker akan kena denda oleh pemerintah setempat dengan nilai yang sangat besar, NT$ 15.000. Atau kalau dirupiahkan dendanya mencapai Rp 6.795.000,” jelasnya, Senin 24/2/2020.

Agus yang merantau sudah 8 tahun di Taiwan berharap agar pemerintah segera mengirimkan bantuan berupa masker.

“Sementara warga diluar Malang seperti warga Blitar, Tulungagung, Jember dan lainnya sudah mendapatkan kiriman masker dari pemdanya masing-masing,” ujarnya.

Lebih jauh Agus mengatakan, bahwa bantuan berupa masker dari kedutaan Indonesia sudah ada, tetapi jauh dari cukup.

“Kami warga Kabupaten Malang yang ada disini, totalnya ada sekitar 1000 orang. Kami sangat butuh bantuan masker. Jika tidak ada masker, kami tidak bisa berangkat kerja. Disamping alasan medis, kami akan kena denda dengan jumlah yang banyak,” terangnya.

Menyikapi hal itu, Koordinator ProDesa Ahmad Khoesari berharap, Pemkab Malang, segera mengambil sikap, terutama membantu ribuan pekerja migran di Taiwan yang berasal dari Kabupaten Malang.

“Pemkab Malang harus segera melakukan tindakan. Karena keberadaan masker di Taiwan sangat langka. Terlebih para pekerja harus membayar denda apabila keluar tidak menggunakan masker,” pungkas. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *