Gelar PKKMB, Fisip Unira Malang Siapkan Mahasiswa Lebih Adaptif Terhadap Perkembangan Teknologi Digital

Foto : Dekan Fisip Unira Malang, Husnul Hakim Sy, MH saat menyampaikan sambutan
Foto : Dekan Fisip Unira Malang, Husnul Hakim Sy, MH saat menyampaikan sambutan

MALANGSATU.ID – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unira Malang gelar PKKMB Fakultas dengan tema Adaptasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 untuk Mencetak Generasi Mutiara Bangsa, bertempat di Hall KH Moch Said Unira Malang.

Bacaan Lainnya

Acara ini dibuka dengan penampilan tari dan perform dari ukm pagar nusa yang dipersembahkan oleh himpunan mahasiswa prodi yang berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP).

Penampilan tersebut juga merupakan sambutan selamat datang dari kakak tingkat kepada mahsiswa baru untuk memberikan kesan hangat, harapannya dapat menumbuhkan akar ketertarikan pada fakultas ini semakin bertumbuh.

Lagu Indonesia Raya, Mars Syubbanul Wathan, dan Mars Unira Malang bergemuruh diruangan membuka rangkaian PKKMB.

Husnul Hakim Sy, MH. Dekan Fisip Unira Malang dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan ini mengusung tema terkait adaptasi pendidikan di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 dengan harapan mahasiswa mampu resilien pada peralihan peran dari siswa menjadi mahasiswa dan dapat menjadi lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita memulai dengan memperkenalkan kepada mahasiswa baru terkait dengan adanya perubahan cara belajar mereka ketika di bangku SMA dan kemudian beralih ke proses belajar di bangku kuliah”, ujarnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Bapak Husnul Hakim Sy, M.H. juga menyampaikan ucapan selamat datang disampaikan bersamaan dengan pesan dan harapan.

“Saya berharap seluruh mahasiswa Fisip Unira Malang dapat mengikuti perkembangan teknologi gidital dalam implementasi di dunia pendidikan”, ujarnya.

Husnul Hakim Sy, MH juga berpesan nantinya mahasiswa baru dapat menjadi lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat untuk mengamalkan ilmu di sektor manapun sesuai dengan bidang ilmu masing-masing dengan tetap bijak menggunakan teknologi dan media sosial.

“Saya juga berharap teman-teman mahasiswa baru dapat menjadi psikolog yang bermanfaat dan birokrat yang amanah dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai yang dikembangkan di Unira Malang yakni prakarsa khaira ummah”, pesanya.

Kegiatan PKKMB Fisip Unira Malang ini juga diisi beberapa materi lain yang disampaikan kepada mahasiswa baru adalah berkaitan dengan pemanfaatan sebagai dasar adaptasi di bidang pendidikan yang disampaikan oleh Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan, Dr. Dewi Ambarwati., M.H.

Dalam materi ini menegaskan pentingnya mengikuti perkembangan zaman dibidang teknologi untuk dapat beradaptasi di bidang pendidikan. Seperti pemanfaatan pencarian referensi dan cara mengakses jurnal. Tantangan dalam implementasi teknologi di era saat ini dengan harapan mahasiswa baru dapat merancang strategi yang solutif dalam menghadapi hal tersebut.

Selain materi tersebut, menjelang akhir acara, terdapat materi yang berkaitan dengan motivasi diri yang disampaikan oleh Dosen Prodi Psikologi, Luthfiatuz Zuhroh., M.Psi., Psikolog.

Materi ini tidak kalah penting untuk menumbuhkan dorongan semangat pada mahasiswa baru dalam mencapai goal atau cita-cita nya nanti. Harapannya, semangat yang sudah menyala di awal peran sebagai mahasiswa baru diharapkan akan terus bersinar hingga akhir semester dan lulus tepat waktu.

Kegiatan PKKMB hari pertama ini ditutup dengan ziarah ke makam muassis, KH Mahmud Zubaidi yang bertempat di Kebonagung. Kegiatan ini dilakukan supaya mahasiswa dapat memupuk literasi sejarah dan mengharap keberkahan terhadap para muassis. Ziarah ini juga merupakan perwujudan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ospek Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Unira Malang. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *