Tingkatkan kinerja, Satpol PP Gelar Pembinaan Tehnis Operasional Kinerja

Foto : Bupati Malang saat menyematkan tanda peserta bagi personel satpol pp dalam kegiatan pembinaan tehnis kinerja

MALANGSATU.ID – Bupati Malng membuka kegiatan pembinaan tehnis operasional Satpol PP, yang di gekar di hotel Mirabel Kepanjen, Selasa 4/12/2019.

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

Seperti yang fisampaikan oleh Bupati Malang, HM Sanusi dalam sambutannya, bahwa Satpol PP harus tampil terdepan dalam melayani publik.

“Satpol PP harus tampil terdepan dan melayani publik. Karena untuk menjawab tantangan global yang terus berubah, membutuhkan perubahan paradigma pelayanan publik, untuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Bupati Malang, mengingatkan bahwa Satpol PP juga harus terus bersinergi dengan instansi lain. Misalnya ketika terjadi bencana alam, Satpol PP harus terlibat membantu masyarakat terdampak bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Memasuki musim pancaroba ini, banyak bencana alam terjadi. Meskipun bukan tugas pokoknya, tetapi Satpol PP harus ikut bahu membahu. Satpol PP harus tampil ketika ada bencana,” tegasnya.

Perlu diketahui bahwa jumlah Personel Satpol PP Kabupaten Malang, saat ini sebanyak 200 Personel. Dengan luas wilayah Kabupaten Malang sebanyak 33 kecamatan.
Namun demikian, Bupati Malang, mengatakan dengan jumlah Personel yang ada, masih dirasa cukup. Karena tugas Satpol PP saat ini, dibantu oleh petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas), yang ada di masing-masing desa dan kecamatan.

“Untuk kebutuhan Personel, saya kira masih cukup karena diback up oleh Linmas. Kekuatan yang ada saat ini, dirolling dulu untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Nazarudin Hasan menyampaikan jika jumlah ideal Personel antara 450-650 orang. Jumlah tersebut untuk mencakup wilayah Kabupaten Malang yang luas.

“Dengan Personel yang ada saat ini, memang masih bisa berjalan lancar. Tetapi juga masih banyak kendala, seperti SDM dan sarana prasarana yang minim. Harapannya nanti tiap tahun ada peningkatan Personel,” ujarnya.

Menurut Nazarudin, dengan keterbatasan Personel tersebut, pelayanan kepada masyarakat masih belum maksimal. Tetapi supaya bisa berjalan maksimal, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan petugas Linmas di masing-masing desa dan kecamatan.

Sementara terkait kegiatan Bimtek, Nazar mengharapkan Personel Satpol PP mampu menjalankan tugasnya sesuai amanah. Utamanya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Dengan dilakdanakannya kegiatan ini, diharapkan, setiap menjalankan tugasnya, teman-teman ini bisa disiplin dan tegas. Bagaimana mengutamakan keamanan dalam menghadapi masyarakat,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *