Peringati Nuzulul Quran, Masjid Jami Baiturahim CurungRejo Datangkan Gus Glory Dari Pulau Dewata

Foto : Gus Glory saat menyampaikan ceramah di masjid Baiturahim
Foto : Gus Glory saat menyampaikan ceramah di masjid Baiturahim

MALANGSATU.ID – Peringati Nuzulul Quran, Masjid Jami’ Baiturahim menghadirkan Gus Glory dari oulau dewata Bali, Rbu 27/3/2024.

Peringatan Nuzulul Quran ini dikemas dalam kajian bersama jamaah, dalam kajian tersebut menjelaskan pentingnya Alquran sebagai oanduan hidup dan cahaya hidup yang disampaikan secara gamblang oleh Gus Glory.

Dalam muqodimahnya, Gus Glory menyampaikan bahwa Nuzulul Quran merupakan peristiwa penting bagi Nabi Muhammad SAW yang ditandai dengan turunnya wahyu dari Allah berupa Al-Quran.

“Pada masa itu, beliau sedang berdiam diri di Goa Hira di Jabal An Nur yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Ka’bah. Pada 17 Ramadhan, beliau didatangi Jibril yang menyampaikan wahyu pertama yakni Al-Quran surat Al ‘Alaq. Pada saat itu Rasulullah SAW berusia 40 tahun”, jelasnya.

Gus Glory juga menyampaikan bahwa Peristiwa Nuzulul Qur’an juga merupakan tanda kenabian Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul Allah SWT. Al-Qur’an juga merupakan mukjizat terbesar bagi Rasulullah SAW.

Sementara itu, menurut Ketua Takmir Masjid Baiturrahim, H.Mohamad Iksan mengatakan, bahwa Peringatan Nuzulul Qur’an kali ini pihaknya sengaja menghadirkan Mubaligh dari Pulau Dewata Bali KH.DR.Glory Islamic Muchtar Pengasuh Pesantren SPMAA Denpasar Bali dengan mengambil Tema “Alqur’an Sebagai Obat dan Penyejuk Hati”.

Lebih lanjut dia mengatakan, Kegiatan tersebut merupakan bagian dari salah satu pelaksanan “Program Menyambut dan Menjemput Berkah Ramadan 1445H/2024M” yang diadakan oleh Masjid Jamik Baiturrahim Curungrejo Kepanjen-Malang

M. Iksan mengatakan bahwa sepuluh program unggulan itu diantaranya adalah buka puasa gratis, Pesantren ramadhan, Nuzulul Qur’an, Kuliah Subuh, tausiyah dan sebagainya.

“Momentum peringatan Nuzulul Qur’an sudah selayaknya diperingati dengan berlomba-lomba berbuat kebaikan terutama di bulan suci Ramadhan. Salah satu caranya adalah dengan membaca Al-Qur’an dan melakukan tadabur. Hikmah lainnya yang dapat diambil dari malam Nuzulul Qur’an ialah bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Bertambahnya kebaikan yang berasal dari Allah SWT sangatlah penting bagi umat manusia di muka bumi” jelasnya.

M. Iksan berharap dengan peringatan malam Nuzulul Qur’an ini dapat mengasah kita semua untuk konsisten dalam kebaikan.

“Demikian sebagian penggalan Mauidhoh Hasanah yang sampaikan Gus Glory”, oungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait