Bupati Malang, Resmikan PLTMH Boonpring Andeman Milik BUMDes Kerto Raharjo

Foto : Peresmian PLTH Bonpring BUMDes Kerto Raharjo sanankerto

MALANGSATU.ID – Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) milik BUMDes Kerto Raharjo diresmikan oleh
Bupati Malang, Drs HM Sanusi,
di Eko Wisata Boonpring, Desa Sanankerto, Turen, Minggu 1/3/2020.

Bupati Malang berharap melalui PLTMH tersebut menjadi solusi atas kebutuhan listrik yang ada di Desa Sanankerto tersebut.

Bacaan Lainnya

“Melalui PLMTH ini, warga Desa Sanankerto bisa menggunakan listrik yang didapatkan secara mandiri dan tidak tergantung pada PLN,” ujarnya.

Bupati Malang menjelaskan, PLMTH ini dikembangkan oleh BUMDes. Maka dari itu, dirinya mengapresiasi atas inovasi dari BUMDes tersebut.

“Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa jadi solusi bagi kemajuan desa. Salah satu bentuknya yakni dengan mengelola listrik secara mandiri melalui PLMTH ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Malang mengatakan, Pemkab Malang telah menggandeng Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Bank BNI untuk membantu mengolah potensi Desa Sanankerto.

Foto : Bupati Malang meninjau PLMTH Bonpring

“UMM sudah menyatakan kesiapan membina. Kalau ada potensi bisa dibina dan ada program KUR (kredit usaha rakyat) dari BNI,” jelasnya.

Bupati Malang menambahkan, cara lain guna membantu mengolah potensi desa adalah dengan menggalang bantuan dari Corporate Social Responsibility perusahaan di Kabupaten Malang.

“Kami ajak bicara semua perusahaan. Guna menyisihkan keuntungannya, untuk membina lingkungan. Sehingga keterikatan lingkungan dengan perusahan bisa berlangsung berirama,” Ujarnya.

Kemudian, Bupati Malang mengimbau kepada desa lainnya agar meniru kesuksesan BUMDes Kerto Raharjo yang mengembangkan PLTMH di area obyek Wisata Boonpring Andeman, dan berharap setiap desa memiliki produk unggulan. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *