Bupati Malang Buka Malang Beach Festival Di Jalibar

Foto : Bupati malang, buka Malang beach festival

MALANGSATU.ID – Rangkaian peringatan Hari jadi Kabupaten Malang ke-1259 dimeriahkan dengan digelarnya Malang Beach Festival (MBF) ke-3, yang diselenggarakan di Jalan Lintas Barat Kota Kepanjen, Sabtu 28/9/2019, berlangsung sangat meriah.

Bertajuk Kirab budaya Panji dalam rangkaian Hari Jadi ke-1259 Kabupaten Malang ini dihadiri ribuan masyarakat dari seluruh penjutu Kabuoaten Malang bahkan luar Malang.

Bacaan Lainnya

Pembukaan kegiatan Kirab Budaya ini baru dimulai pukul 15.00, yang dibuka langsung oleh Bupati Malang, HM Sanusi.

Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Dr Made Arya Wedanthara SH, M.Si, dalam sambutan laporan pembukaan mengatakan, MBF adalah event tahunan yang diselenggarakan memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang. Pada MBF ke-3 kali ini, diikuti oleh 80 kontingen.

“Kirab Budaya ini diikuti 33 kontingen berasal dari seluruh kecamatan. 34 kontingen adalah dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta 13 kontingen dari perusahaan dan instansi,” jelasnya

Foto : penampilan dari bintang tamu kota kediri

Made mengatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya Parade mobil hias, pawai kostum berkarakter, dan parade karnaval dengan tema Kirab Panji ini, adalah untuk melestarikan dan mengembangkan potensi seni di wilayah Kabupaten Malang. Sekaligus mempromosikan seni budaya dan produk unggulan, serta sebagai regenerasi pelaku seni di Kabupaten Malang.

“Melalui festival ini, kami ingin meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Malang. Termasuk mengenalkan destinasi baru yang ada,” jelasnya.

Peserta Kirab Budaya menempuh jarak sekitar 800 meter. Diawali dengan parade mobil hias, dan dilanjutkan parade atraksi budaya.

Peserta kirab pertama diawali dengan penampilan anggota DPRD Kabupaten Malang, yang menampilkan kerajaan pewayangan. Kemudian dilanjut penampilan dari Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, menampilkan topeng Malangan. Lalu, penampilan dari Kota Kediri dan Probolinggo dan dari kota Kediri, sebagai bintang tamu dalam festival ini.

Sementara itu, Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, dalam sambutan pembukaan mengatakan, kegiatan festival ini rutin diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang.
Kegiatan MBF tahun ini, ditempatkan di Kecamatan Kepanjen, dimana sebelumnya diadakan di Jalur Lintas Selatan (JLS).

Foto : penampilan dari DPRD Kab Malang

“Kita tempatkan di Kepanjen, karena Kota Kepanjen merupakan Ibu Kota Kabupaten Malang”, ujarnrya.

Bupati Malang, HM Sanusi berharap bisa meningkatkan destinasi pariwisata di Kabupaten Malang. Termasuk bisa mendatangkan investor untuk memajukan Kota Kepanjen, sebagai Ibu Kota Kabupaten Malang.

“Lokasi festival juga kami tempatkan di Jalibar, supaya tidak mengganggu lalu lintas,” ujarnya.

Menurut Bupati Malang, jika masyarakat menyetujui, festival ini kedepan akan diadakan di Kota Kepanjen lagi.

“Kepanjen adalah Ibu Kota Kabupaten Malang, kedepan Festival akan dilaksanakan di sini lagi”,  pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *