Bupati Malang Apresiasi Pelaksanaan Petik Laut Di Pantai Sendangbiru Jadi Agenda Wisata Budaya

Foto : Bupati malang saat menuju tempat upacara petik laut

MALANGSATU.ID – Bupati Malang hadiri Larung sesaji atau yang biasa dikenal tradisi petik laut dipantai Sendangbiru Sumbermanjing Wetan, Jumat 27/9/2019, acara tahunan ini menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini, pelaksanaan tradisi petik laut pun kini telah menjadi agenda wisata budaya.

Berbagai macam arak-arakan hasil bumi, gunungan nasi tumpeng, dan tari-tarian menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Bacaan Lainnya

Bupati Malang dalam sambutannya menyampaikan, acara Petik Laut ini merupakan sebuah tradisi sekaligus simbol penghargaan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kehidupan bagi masyarakat nelayan Sendangbiru dengan hasil lautnya yang melimpah.

“Ritual Petik Laut adalah wujud rasa syukur para nelayan atas rizki yang telah diberikan oleh Allah SWT. Momentum ini dapat menjadi sebuah titik tolak positif, menuju pada kehidupan yang semakin baik, semangat kerja yang semakin meningkat, dan tak kalah pentingnya semakin memacu kepedulian masyarakat, para nelayan, dan semua pihak untuk turut berpartisipasi menjaga kelestarian laut, ” ujarnya.

Foto : Bupayi malang ikuti latung sesaji dipantai sendangbiru

Bupati Malang, HM Sanusi menyambut baik Kegiatan petik laut Sendangbiru ini, selain menjadi tradisi masyarakat dusun Sendangbiru, juga telah menjadi agenda tahunan Pemkab Malang di bidang pariwisata.

“Kita berharap agenda Petik laut ini bertambah meriah pelaksanaannya, harapannya menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung menikmati berbagai destinasi wisata pantai yang juga tersebar di wilayah pantai Sendangbiru ini”, harapnya.

Bupati Malang, menjelaskan, menikmati kekayaan laut, juga berkat peran nenek moyang, peran para generasi terdahulu yang memiliki tekad menjaga laut untuk diwariskan pada generasi berikutnya.

“Semangat seperti ini, harus dapat kita jaga, sehingga di masa mendatang anak cucu kita dapat menikmati kekayaan laut Indonesia yang begitu melimpah”, ujarnya.

Foto : tumpeng raksasa diarak menju lokasi petik laut

Bupati Malang mengatakan bahwa di kawasan Sendangbiru, penangkapan ikan telah menjadi sumber ekonomi yang turut menciptakan tumbuhnya kegiatan ekonomi lainnya, diantaranya adalah destinasi wisata, pasar, dan penginapan bagi wisatawan.

“Rangkaian saling keterikatan lintas bidang seperti ini, telah memberikan kontribusi positif pula terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Malang”, ungkapnya.

Bupati juga berencana akan memperbaiki akses jalan di Sendangbiru. Hal ini dilakukan untuk mempermudah jalur transportasi angkutan pengiriman ikan keluar daerah seperti yang dikeluhkan masyarakat selama ini.

“Kita akan perbaiki jalan di Sendangbiru untuk mempermudah angkutan pengiriman ikan keluar daerah,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *