Buka TMMD Ke 106 Tahun 2019, Bupati Malang Ajak Masyarakat Turut Berpartisipasi

Foto : Buapti Malang bersama Dandim menuju lokasi TMMD

MALANGSATU.ID – Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-106 Tahun 2019 yang bertempat di Lapangan Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Rabu 2/10/2019 pagi.

Bupati Malang menyampaikan apresiasi  kepada segenap jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang kembali melaksanakan kegiatan TMMD di wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo.
Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Malang didampingi Dandim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu, Kol. Inf. Ferry Muzawwad tepat setelah dilaksanakan upacara pembukaan TMMD.

Bacaan Lainnya

Bupati Malang, HM Sanusi bertindak sebagai Inspektur Upacara juga menyerahkan sejumlah bantuan dari Pemerintah Kabupaten Malang untuk masyarakat dan bersama Dandim 0818 melakukan tanam pohon.

”Dalam setiap pelaksanaan TMMD, memberikan manfaat besar bagi daerah yang menjadi lokasi TMMD. Tanpa terkecuali pada pelaksanaan di Desa Kedungsalam. Pemerintah Kabupaten Malang berharap pada kegiatan yang melibatkan lintas sektoral dan instansi ini, dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Pelaksanaan TMMD ke-106 tahun 2019 berfokus pada upaya membangun berbagai sarana dan prasarana publik yang bersinggungan langsung dengan kepentingan masyaraka secara terpadu. Diantaranya Pengerasan Jalan, Pipanisasi, Perbaikan Mushola, Pembuatan MCK, RTLH, Jamban Keluarga dan Rabat Jalan Proyek Padat Karya.

Selain itu, juga akan dilaksanakan pemberian bantuan kepada masyarakat, dan beberapa program sasaran non fisik yang melibatkan berbagai Perangkat Daerah Kabupaten Malang.

”Melihat rencana program yang telah disusun, saya optimis hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kedungsalam dan Kecamatan Donomulyo pada umumnya. Untuk itu, saya juga mengajak masyarakat untuk juga memberikan dukungan dan turut berpartisipasi manakala membutukan peran dari masyarakat luas. Sinergitas dan kekompakan semacam ini, manfaat positif tetap dapat dirasakan pasca pelaksanaan TMMD dan dapat mendorong pencapaian pembangunan dalam skala lebih luas,” harap Bupati Malang.

Bupati Malang, mengajak seluruh yang hadir dan masyarakat untuk memahami, bahwa dalam setiap pelaksanaan TMMD juga menyimpan nilai luhur yang tersirat, antara lain bentuk semangat kebersamaan, gotong royong dan nilai persatuan sebagai sebuah bangsa. TMMD juga merupakan wahana untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional melalui kegiatan yang terintegrasi dengan seluruh elemen masyarakat secara berkesinambungan.

”Ayo kita dukung, kita sengkuyung bareng-bareng program pembangunan yang bertujuan menyejahterakan masyarakat desa seperti ini. Ayo kita bangun desa tanpa pamrih, dan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal yang dimiliki”, ujar Abah Sanusi.

Lebih lanjut Bupati Malang mengatakan bahwa Desa yang maju adalah sumber kemajuan negara, maka saatnya bagi kita untuk melanjutkan karya bakti dan pengabdian pada Ibu Pertiwi.

“Maru bersama tingkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan di daerah dan negara ini,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *