Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD, Bupati Malang Ajak Sinergi Untuk Kesejahteraan Rakyat

Foto : sambutan Bupati Malang pada pelantikan pimpinan DPRD Kab malang  

MALANGSATU.ID – Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM hadir acara Pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Malang Masa Jabatan 2019-2024, yang digelar dugedung paripurna DPRD Kabupaten Malang, Kamis 26/9/2019.

Dalam sambutanya, Buoati Malang, HM Sanusi, menyampaikan selamat kepada Pimpinan baru DRPD Kabupaten Malang yang diketuai Didik Gatot Subroto. Serta menyampaikan ucapan terima-kasih dan penghargaan kepada unsur Pimpinan, Ketua Fraksi dan segenap Anggota DPRD Kabupaten Malang, yang telah menyikapi secara arif dan bijaksana, serta mengambil langkah-langkah positif sehingga proses dan mekanisme penetapan Pimpinan DPRD Kabupaten Malang masa jabatan 2019-2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Bacaan Lainnya

Bupati Malang, menyampaikan dalam konteks otonomi daerah, peran dan kinerja DPRD mutlak diperkuat dan diperhitungkan. Hal ini tidak terlepas dari kedudukan strategis DPRD, sebagai representasi rakyat sekaligus unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

“DPRD tentu diharapkan dapat memperlihatkan kinerja yang optimal dalam melaksanakan fungsi, tugas dan wewenang, sesuai dengan apa yang digariskan dalam peraturan perundang-undangan”, ujarnya

Bupati Malang menambahakan, Berkaitan dengan hal tersebut, maka keberadaan unsur Pimpinan DPRD menjadi penting dan strategis. Sebab dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, Pimpinan DPRD merupakan jembatan penghubung antara Pemerintah Daerah dan DPRD, melalui mekanisme konsultasi.

“Antara Pemerintah Daerah dan DPRD sesungguhnya memiliki visi yang sama, dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan daerah, sebagaimana tertuang dalam RPJMD,” jelasnya

Bupati Malang, HM Sanusi, berharap antara eksekutif dan legislatif memiliki cita-cita yang sama yakni membawa dan mewujudkan masyarakat yang MADEP MANTEB MANETEP sehingga perlu saling mendukung, harmonis, dan sinergitas dari segenap komponen, termasuk masyarakat.

“DPRD sebagai institusi yang senantiasa berdampingan dengan lembaga eksekutif”, ujarnya.

Buoati Malang pun mengingatkan semua pihak bahwa setiap pekerjaan dan jabatan yang diemban, sesungguhnya merupakan amanah yang harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, dan berdasarkan pada profesionalitas dan proporsionalitas.

”Perbedaan kemampuan dan jabatan diantara kita adalah anugerah Allah SWT, mari mengabdikan segala potensi yang dimiliki untuk kebaikan dan kepentingan masyarakat. Mudah-mudahan pertemuan ini akan semakin mempererat jalinan silaturahmi, antara Pemerintah Kabupaten Malang dan juga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang,” harapnya.

Lebih lanjut, Bupati Malang, HM Sanusi menggambarkan bak gayung bersambut bahwa antara DPRD dan Bupati itu satu kesatuan sebagai pelaksanaan pemerintahan daerah.

“Jadi, sinergitas dan visi yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemkab Malang bersama DPRD akan mengejar beberapa hal yang belum tercapai di periode sebelumnya. Diantaranya penurunan angka kemiskinan yang belum signifikan. Serta, masih ada stunting, masih ada kesenjangan ekonomi, dan masih banyak pengangguran”, pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *