Kawal Implementasi UU Pesantren, Unira Malang Luncurkan P2MP

Foto : Sambutan Rektor Unira malang, Hasan Abadi

MALANGSATU.ID – Universitas Islam Raden Rahmat Malang gelar seminar pesantren dan pengukuhan Pusat Pengembangan Masyarakat Pesantren, disingkat P2MP. Sabtu, 18/1/2020 di Hall K.H. Moch Said, Unira Malang. Seminar Pesantren dengan tema “Peran dan Eksistensi Pesantren Pasca Pengesahan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2019”.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut adalah anggota DPR RI dari fraksi PKB Dra. Hj. Lathifah Shohib, Ketua Rabithah al-Ma’ahid al-Islamiyyah (RMI) Kabupaten Malang, Gus H. Abu Yazid, serta DekannFakultas Ilmu Keislaman Unira Malanng, Dr. Saifuddin, M.Pd.

Bacaan Lainnya

Dalam Sambutan pembukaan, DR. Hasan Abadi, Rektor Unira Malang mengatakan bahwa pesantren telah terbukti peran serta dan kepemilikan saham atas Republik ini. Pengesahan atas UU Pesantren harus menjadi momentum penerapan kapabilitas dinamis pesantren dalam menghadapi zaman yang terus berubah.

“Kapabilitas dinamis, dynamic capability memungkinkan pesantren melakukan perubahan internal untuk mengikuti perubahan eksternal, sehingga membuat organisasi memiliki kinerja yang lebih tinggi, eksistensi pesantren akan semakin diakui,” ujarnya.

Hasan Abadi,  menambahkan bahwa pentingnya pesantren melakukan perubahan pada internal organisasi untuk menghadapi perubahan eksternal maupun intensitas persaingan, terutama pada kondisi perubahan yang cepat.

“Respon pesantren sebagai sebuah organisasi terhadap lingkungan yang dinamis, membutuhkan kombinasi kemampuan manajerial dan organisasi  untuk beradaptasi lebih cepat dan efektif. Inilah yang dibutuhan, kapasitas organisasi untuk perubahan, organizational change capacity,” jelasnya.

Foto : Seminar pesantren, nara sumber Hj. Latifah Shohi anggota DPR RI

Dalam kesempatan tersebut juga dikukuhkan oleh Rektor Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang Dr. Hasan Abadi,.MAP,  Pusat Pengembangan Masyarakat Pesantren  (P2MP) ditandai dengan penyematan jas P2MP oleh Rektor kepada Direktur P2MP Unira Malang, Muhammad Romli Muar,M.H.

P2MP merupakan lembaga yang diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Keislaman Unira Malang untuk mendukung penguatan pesantren dalam bidang pendidikan, dakwah dan pemberdayaan.

“P2MP Unira Malang harus terlibat secara langsung maupun tidak, karena positioning pesantren semakin dituntut perannya.” ujarnya Hasan Abadi.

Pada kesempatan tersrbut, selain pelaksanaan seminar dan pengukuhan P2MP juga disertai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Unira Malang dengan tiga pesantren di wilayah Kabupaten Malang.

Ketiga pesantren tersebut adalah Pesantren Miftahul Huda, Mojosari; Pesantren Darunnajah, Bululawang; serta Pesantren Nurul Huda, Tirtoyudo.

Dalam nota kesepahaman tersebut memuat komitmen Unira Malang melalui P2MP untuk mendukung pesantren dalam pendidikan, dakwah dan pemberdayaan. Salah satu wujudnya adalah Unira Malang akan memberikan beasiswa baik Sarjana maupun Pascasarjana kepada santri dan pengasuh dari pesantren-pesantren tersebut. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *