Tol Mapan Seksi Singosari-Pakis Mulai Dibuka, Gratis Tujuh Hari

Foto : Gerbang tol mapan pakis-singosari

MALANGSATU.ID – Ruas jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan), seksi IV Singosari-Pakis resmi dioperasikan mulai hari ini Jum’at, 1/11/2019.
Dan menjadi kabar gembira bagi pengguna ruas tol mapan seksi IV ini, bahwa jalur sepanjang 4,75 Kilometer itu akan digratiskan selama kurang lebih seminggu.Mulai tanggal 1 November 2019 hingga 6 November 2019 mendatang.

Dibukanya ruas seksi IV ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1026/KPTS/M/2019, tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis).

Bacaan Lainnya

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo dalam rilisnya menyampaikan bahwa pengoperasian tol sepanjang 4,75 akan digratiskan dalam rangka sosialisasi agar lebih optimal.

“Untuk sementara, ruas tol sepanjang 4,75 km tersebut dioperasikan tanpa tarif (Rp 0,-) dalam rangka memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat,” ujarnya, Kamis malam 31/10/2019.

Dalam rilis tersebut juga dijelaskan jika tarif tol akan mulai diberlakukan pada Kamis, 7 November 2019 mendatang mulai pukul 00.00 WIB.

Besaran tarifnya disesuaikan dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1027/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Pandaan Malang.

Rinciannya, tarif tol dari Pakis menuju Singosari untuk Golongan I sebesar Rp 4.500.
Kemudian, Pakis menuju Lawang Rp 10.500, sedangkan Pakis ke Purwodadi Rp 18.000 dan Pakis Pandaan Rp 33.500.
Sementara itu, bagi pengguna jalan dari Wilayah Pandaan yang keluar di Gerbang Tol (GT) Pakis, tetap membayar tarif tol asal gerbang hingga GT Singosari dan berlaku untuk arah sebaliknya.
Yakni, kendaraan yang masuk dari GT Pakis keluar di Gerbang Tol wilayah Pandaan hanya membayar tarif tol dari GT Singosari.

“Pengguna Jalan Asal dan Tujuan GT Pakis, saat ini dikenakan tarif sama dengan Asal dan Tujuan GT Singosari,” tambahnya.

Pihaknya juga mengimbau, untuk menghindari kekurangan saldo yang dapat berpotensi menimbulkan antrian panjang di Gerbang Tol, pengguna jalan diharapkan selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan.

Agus Purnomo, menyampaikan dengan dibukanya jalur Seksi IV tersebut, pengguna jalan dari arah Surabaya menuju Malang Kota dapat memilih keluar melalui Gerbang Tol Pakis.

“Dengan dibukanya ruas tol seksi IV ini diharapkan dapat mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Karanglo dan Jalan Jenderal Achmad Yani.  Karena bagi pengguna jalan yang tinggal di sekitar Singosari, Karang Ploso apabila menuju Malang Kota dan Bandara Abdul Rahman Saleh dapat melalui ruas Singosari-Pakis”, jelasnya.

Perlu diketahui, bahwa dengan beroperasinya seksi IV, Jalan Tol Pandaan-Malang telah mengoperasikan 35,375 km dari total 38,488 km panjang jalan tol.
Sementara, untuk seksi V (Pakis-Malang) sepanjang 3,113 km hingga saat ini masih dalam tahap konstruksi. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *