RSUD Kanjuruhan Siapkan Ruang Isolasi Khusus Untuk Tangani Virus Corona

Foto : Bupati Malang didampingi wakil Direktur RSUD Kanjuruhan

MALANGSATU.ID – Langkah antisipasi dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam mencegah penyebaran virus corona, yakni dengan menyiapkan ruang khusus isolasi di RSUD Kanjuruhan Malang.

Pasalnya, virus Corona terus memakan korban jiwa. Dari data yang tercatat, warga daratan China yang meregang nyawa akibat Corona 106 orang. Sampai hari ini, Rabu 29/1/2020, telah mencapai 132 orang yang tewas di daratan China.
Penyebaran virus pun tak hanya di China, tapi menyebar cepat ke berbagai negara dengan jumlah kasus yang tercatat mencapai 6.056. Dari total itu lebih dari 70 kasus dikonfirmasi menjangkiti negara AS, Australia, Perancis, dan Jerman.

Bacaan Lainnya

Kondisi itu pun membuat berbagai daerah di Indonesia semakin mengintensifkan kewaspadaannya. Tak terkecuali di Kabupaten Malang yang telah mengambil berbagai tindakan antisipasi.

Bupati Malang, HM Sanusi, mengatakan sebelum Corona datang, ruang isolasi di berbagai rumah sakit daerah, khususnya di Kanjuruhan Kepanjen telah disiapkan.

“Kita telah ambil tindakan sebelum hal buruk terjadi di wilayah kita karena virus Corona. Dinas Kesehatan (Dinkes) pun sudah siap bergerak untuk antisipasi hal itu,” ujarnya, Rabu 29/1/2020. Saat berkunjung ke RSUD Kanjuruhan, Kepanjen.

Bupati Malang menambahkan, sambil menunggu instruksi dan petunjuk dari pemerintah pusat terkait antisipasi virus Corona yang telah menginfeksi 4.515 orang yang dinyatakan positif di berbagai negara. Pemkab Malang pun telah bersiap dengan ruang isola khusus yang ada RSUD Kanjuruhan.

“RSUD Kanjuruhan sudah siap ruang isolasi khusus bila memang virus itu menyerang warga Kabupaten Malang. Walau dan semoga tak ada warga yang terinfeksi, kita telah menyiapkan langkah antisipasinya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur RSUD Kanjuruhan, dr Benidiktus Setyo Untoro mengatakan, sesuai petunjuk dari pemerintah pusat, sebenarnya Dinas Kesehatan nanti yang melakukan antisipasi bila ada gejala. Namun, pihaknya juga telah siap dalam menangani jika ada pasien yang terindikasi virus corona.

“Dulu waktu SARS itu kan kita juga siap. Jadi sekarang kita meskipun ada kasus seperti ini siap dari awal,” ujarnya.

dr Benidiktus Setyo Untoro, mrngatakan bahwa kesiapan ini telah dilakukan dengan menyiapkan ruang isolasi khusus untuk corona ini, seperti rumah sakit lainnya.

“Persiapan seperti biasa. Tapi, kami sudah siapkan ruang isolasi khusus,” tegasnya.

Dengan begitu, lanjut Ben, sebagai rumah Sakit pihaknya mengaku siap menerima pasien apapun.

“Jadi, rumah sakit itukan harus siap menerima pasien apapun kasusnya, baik itu kasus korona,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *