Polres Malang Kota Dikukuhkan Jadi Menjadi Polresta

Foto : Kapolda Jatim bersama forkopimda malang saat meresmikan polresta malang

MALANGSATU.ID – Polres MLang Kita akhirnya dikukuhkan menjadi Polresta Malang, berubah dari status Polres Malang Kota (Tipe C)  menjadi Polresta Malang, sejak Kamis 28/11/2019. 

Pengukuhan ini  ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Luki Hermawan dan pembukaan selubung bersama Forkopimda Kota Malang setelah upacara resmi serah terima jabatan Kapolresta Malang Kota.

Bacaan Lainnya

Dengan perubahan tipe ini, maka Polresta Malang Kota nantinya akan dipimpin oleh seorang perwira polisi berpangkat Kombes.

Kapolda Jatim menyampaikan, bahwa perubahan ini sesuai dengan surat MenpanRB RI.

“Perubahan ini sesuai Surat MenpanRB RI nomor B/849/M.KT.01/2019 tanggal 18 September 2019 yang kemudian dikuatkan Keputusan Kapolri no 189 pada tanggal 2 Oktober 2019,” ujarnya.

Kapolda Jatim mengatakan karena pemimpinnya berpangkat Kombes, maka secara struktural ke bawahnya juga akan ada perubahan besar-besaran.

“Termasuk nanti akan ada penambahan jumlah personel, wilayah kewenangan dan sebagainya. Tapi masih dalam proses. Kami butuh waktu untuk penataannya,” ujarnya.

Kapolda Jatim menambahkan, bahwa proses perubahan tipe ini, tidak hadir secara tiba-tiba. Tetapi sudah lama dibahas. Bahkan usulan perubahan tipe ini sudah dilempar oleh Kapolres Malang Kota waktu itu,  AKBP Singgamata tahun 2015.

“Ini tidak semata-mata dirubah. Semuanya melalui penilaian tertentu dan kinerja Polresta Malang selama ini.  Ada proses yang cukup panjang baik oleh iternal maupun external,” tambahnya.

Kapolda Jatim mengatakan bahwa aspek penilaiannya juga banyak, dan banyak faktor yang dinilai.

“Banyak aspek yang menjadi bahan pertimbangan disetujuinya perubahan tipe Polresta ini. Mulai jumlah penduduk, mahasiswa dan sebagainya. Aktivitas penduduknya juga tinggi,  angka kriminalitasnya juga demikian. Jadi banyak faktor yang dinilai,” tandasnya.

Lebih lanjut, Kapolda Jatim menyamoaikan bahwa dengan perubahan ini, anggota kepolisian harus bisa menyesuaikan karena tantangan ke depan makin berat. Perubahan tipe, tanggungjawabnya juga berat. Karena itu Kapolda berharap sinergi dengan jajaran samping makin diperkuat.

Kapolda juga mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Malang dan jajaran Forkopimda yang telah bekerjasama dengan baik, mensupport hingga disetujuinya perubahan type Polresta Malang Kota.

“Jadi perubahan tipe ini bukan hanya karena hasil kinerja Polresta Malang saja, namun juga dukungan Forkopimda,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *