Optimis Penuhi Target, Bupati Malang Akan Terima PP KEK Singhasari

Foto : Bupati Malang, HM Sanusi dalam suatu kegiatan

MALANGSATU.ID – PP KEK Singhasari akan diserahkan oleh Kementerian Pariwisata RI, Selasa 08/10/2019 besok.
PP tersebut di tanda tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akhir bulan September 2019 lalu.

Melalui PP KEK Singhasari, rencana panjang mewujudkan kawasan khusus di wilayah peninggalan Kerajaan Singosari ini segera terlaksana.

Bacaan Lainnya

Seperti disampaikan oleh Bupati Malang HM Sanusi, bahwa penyerahan tersebut memang akan dilakukan besok di Singosari.

“Rencananya besok akan diserahkan oleh Kemenpar RI Arief Yahya. Hal ini menjawab pertanyaan publik terkait lanjut tidaknya pembangunan KEK Singosari,” ujarnya, Senin 07/10/2019.

Bupati Malang, mengatakan regulasi KEK Singosari inilah yang membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang optimis atas rencana pembangunan ke depannya. Dalam PP tersebut dikatakan salah satu syarat evaluasi pembangunan KEK Singosari bisa dilanjut atau tidak ditentukan dalam kurun waktu 3 tahun ke depan.

“Target dari pusat memang 3 tahun untuk pembangunan KEK Singosari. Bila sesuai dengan rencana yang telah disepakati, maka pembangunan akan terus dilakukan. Begitu pula sebaliknya,” ujarnya.

HM Sanusi menyampaikan bahwa pihaknya optimis target waktu yang diberikan oleh pemerintah pusat bisa terealisasi nantinya.

“Kami optimis bisa, karena untuk sampai pada tahap ini kita telah bekerja keras cukup lama,” tegasnya.

Bupati Malang, mengatakan KEK Singosari nantinya akan menjadi kawasan digital nasional sekaligus menjadi wilayah industri pariwisata. Ada tiga desa yang akan jadi wilayah terbangun KEK Singosari ini yang akan jadi lokomotif dalam mempercepat tiga program strategis Kabupaten Malang.

“Tentu dengan terbangunnya KEK akan menggerakkan perekonomian masyarakat sebagai bagian dalam mewujudkan kesejahteraan. Ini akan mempercepat program pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Malang menambahkan bahwa dengan adanya KEK Singhasari ini, pariwisata yang nantinya terbangun akan menarik banyak investor  dan sejak tahun lalu sudah banyak yang ingin menanamkan modalnya di KEK Singosari.

“Cukup banyak investor yang tertarik dan akan menanamkan modalnya besar-besaran di Singosari. Ini tentunya modal besar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Malang, menegaskan dengan banyaknya calon investor, secara langsung akan juga menyerap tenaga kerja yang banyak nantinya.

“Angka pengangguran akan juga secara langsung turun dengan adanya hal itu,” imbuhnya.

Bupati Malang HM Sanusi menjelaskan, dengan terbangunnya KEK Singosari akan berdampak langsung terhadap industri pariwisata di Kabupaten Malang. Dimana, akan banyak akses pendukung pariwisata yang tercover dengan keberadaan KEK Singosari.

“Banyak destinasi  andalan yang akan terkena imbas terhadap keberadaaan KEK Singhasari nantinya. Inilah kenapa kami terus bekerja keras untuk mewujudkan KEK Singosari,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *