Kembangkan Kampus Modern, IAI Sunan Giri Bojonegoro Study Banding Ke Unira Malang

Foto : Rombongan IAI Sunan Giri Bojonegoro study Banding ke Unira Malang

MALANGSATU.ID – Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang menerima kunjungan study banding dari IAI Sunan Giri Bojonegoro, Sabtu 8/2/2020. Yakni Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Rombongan terima oleh Wakil Rektor I Dr. Sutomo, M.Sos didampingi oleh  Wakil Rektor 2 Dr. Hilmi Muhammad, MM, Dekan FIK Dr. Saifudin, M.Pd dan Dr. Aries Munandar, M.Pd selaku Kaprodi Magister Pendidikan Islam.

Sedangkan Pascasarjana IAI Sunan Giri dipimpin oleh Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd selaku Direktur, ikut dalam rombongan tersebut Kaprodi Magister Pendidikan Islam Dr. Hanan, M, Pd, beserta Kaprodi S1 PAI dan Kaprodi PIAUD.

Wakil Rektor I Dr. Sutomo, M.Sos, menyampaikan bahwa dalam kunjungan ini dimaksudkan untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dalam mengelola Pascasarjana, terkhusus pola manajemen yang dilakukan oleh Pascasarjana Unira Malang.

“Dengan study banding ini kita berharap menjadi penyemangat dari masing-masing lembaga dalam mengelola sekaligus melakukan langkah strategis dan konkrit untuk berkolaborasi dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi”, ujarnya

Foto : Warek 1 Unira Malang bersama direktur pasca sarjana IAI Sunan Giri Bojonegoro

Sotomo menjelaskan bahwa dua hal yang harus menjadi fokus perhatian dalam mengelola Perguruna Tinggi dan terkhusus Pascasarjana, yaitu pengembangan keilmuan baik dalam kegiatan penguatan literasi,  penelitian, dan pengabdian masyarakat dan “Merubah” mindset civitas akademik agar siap menghadapi tantangan global.

“Dengan kolaborasi program-program internasional dapat mengubah budaya akademik”, tegasnya.

DR. Muhammad Hilmi, MM selaju Warek 2 juga menambahkan, bahwa dalam pengelolaan PTS menjadi penting untuk memperhatikan tata kelola keuangan.

“Karena tata kelola keuangan ini menjadi jantungnya dalam mengelola dan mengembangkan perguruan tinggi swasta”, ujarnya

Pada kesempatan tersebut Dr. Aries Musnandar, M.Pd, selaku Kaprodi Pendidikan Islam Pasca Sarjana Unira Malang menyambut baik dengan menawarkan berbagai program kolaborasi, baik antar dosen, mahasiswa dan para pimpinan dalam kegiatan yang riil.

“Harus tancap gas untuk mengembangkan pendidikan terlebih untuk pengembangan perguruan tinggi swasta” ujarnya.

Foto : Rombongan IAI Sunan Giri Bojonegoro berkunjung ke kampus 2 Unira Malang 

Dr. Aries Musnandar, M.Pd, menyampaikan bahwa pada bulan April 2020 nanti, menawarkan program kolaborasi konferensi internasional di Malaysia dan Singapore.

“Kita (Unira Malang) pada bulan April nanti ada program kolaborasi konferensi internasional di Malaysia dan Singapore yang saat ini sudah terdaftar oleh teman-teman dari anggota LPTNU Kabupaten Malang dan sekitarnya”, ujarnya.

Sementara itu, DR. Hj. Sri Minarti, M.Pd selaku ketua rombongan sekaligus Direktur Pascasarjana IAI Sunan Giri Bojonegoro mengatakan, berterimakasih penyambutan yang hangat dari Unira Makang, sekaligus berharap bisa banyak belajar tentang pengelolaan Pascasarjana.

“Kami berterima kasih atas penyambutannya dan kami banyak belajar disini terkait tata kelola perguruan tinggi”, ujarnya.

DR. Sri Minarti mengatakan bahwa pihaknya berharap nantinya bisa menjalin kerjasama atau MoU dengan Unira Malang.

“Sebagai sesama PTS yang relatif baru dan Unira Malang lebih senior, tentunya dalam mengelola Pascasarjana, kita berharap nantinya dapat menjalin kerjasama”, pungkasnya.

Kegiatan study banding ini diakhiri dengan melakukan kunjungan ke kampus 2 Unira Malang yang dalam proses pembangunan yang terletak di Desa Palaan Ngajum. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *