Bawaslu Kabupaten Malang Gelar Tes Wawancara Bagi Calon Anggota Panwaslu

Foto : Bawaslu Kab malang gelar tes wawancara bagi calon panwaslu untuk pilkada 2020

MALANGSATU.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang menggelar tes lanjutan kepada calon Panwascam untuk pilkada 2020, Tes wawancara calon anggota panwascam se Kabupaten Malang ini dipusatkan di Gedung KEK (Kawasan Ekomoni Khusus) Kantor Pemkab Malang, Sabtu 14/12/2019.

Ada 327 calon panwascam yang akan mengikuti tes wawancara yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan wawancara ini menjadi rangkaian tahapan seleksi pembentukan calon panwascam, setelah sebelumnya dilakukan tes tulis online bagi peserta. Tes wawancara dilangsungkan secara bergelombang tiap kecamatan hingga 6 (enam) hari ke depan.

Anggota Bawaslu Kabupaten Malang George Da Silva, mengatakan hari ini, yang diwawancara adalah calon panwascam dari Kecamatan Kromengan, Pakisaji, Wagir, Wonosari dan Gondanglegi, dalam wawancara ini, lima komisioner anggota bawaslu melakukan fit and proper test langsung kepada setiap calon panwascam.

“Wawancara dilakukan langsung oleh semua komisioner Bawaslu. Materinya mencakup kepribadian, pengetahuan kepemiluan, visi misi pengawasan, termasuk attitude (sikap),” ujarnya.

George, Komisioner bawaslu divisi pencegahan dan penindakan ini memastikan, seleksi pembentukan panwascam ini dilakukan terbuka dan transparan. Termasuk, dalam tes tulis online yang didisain dengan paket soal yang tidak sama antarsatu peserta dengan lainnya.

Menurutnya, tes online dengan sistem CAT (computer assistance test) dilakukan serentak di semua daerah yang bakal menggelar pilkada nantinya. Sehingga, tidak akan terjadi kebocoran soal.

“Ada 100 butir soal yang harus dikerjakan peserta di komputer. Tiap peserta boleh memilih tempat duduk, jadi tidak ada setting sebelumnya. Hasil tes juga langsung bisa dilihat tiap peserta,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *