Atasi Kekeringan Di Malang Selatan, Perumda Tirta Kanjuruhan Akan Manfaatkan Aliran Sungai Lesti

Foto : Syamsul Hadi, Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan

MALANGSATU.ID – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang berencana memanfaatkan air Sungai Lesti yang akan diolah menjadi air bersih, untuk mengantisipasi kekeringan di wilayah Malang selatan.

Syamsul, Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang,
mengatakan, sungai Lesti berkapasitas 500 liter/detik. Ini akan mampu mengatasi kekeringan tahunan di daerah Malang selatan.

“Dengan kapasitas tersebut, akan mampu memenuhi untuk enam kecamatan yaitu, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Bantur, Donomulyo, Pagak, Gedangan, dan Kalipare ,” terangnya.

Syamsul menambahkan, pemanfaatan Sungai Lesti tersebut dinilai dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Malang Selatan.

“Kami akan manfaatkan sungai Lesti untuk atasi kekeringan di Malang Selatan menjadi wilayah yang setiap tahunnya mengalami kekeringan saat kemarau panjang,” ungkapnya.

Symasul menambahkan, akan dijadikannya sungai Lesti menjadi air bersih itu berkat study replikasi pengelolaan air sungai di PDAM Intan Banjar, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan yang menggunakan sistem Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan pemanfaatan sumber air baku dari  sungai.

“Jika ini sudah berjalan, masyarakat di wilayah Malang Selatan tak akan lagi kekurangan air bersih walaupun di musim kemarau, dan kami akan menggunakan sistem infrastruktur dengan cara pompa,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *