Penghubung Lima, Jembatan Desa Di Pakisaji Ambrol

Foto : Jembatan pakisaji yang ambrol, penghubung lima desa

MALANGSATU.ID – Jembatan penghubung lima desa di Kecamatan ambrol, hujan berintensitas tinggi dengan durasi cukup lama terjadi di dusun Binangun desa Genengan kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Mengakibatkan jembatan di desa tersebut ambrol.

Salah satu warga sekitar, Sumiyar, mengatakan bahwa hujan yang terjadi pada Senin 2 maret pukul 15.00 WIB, menyebabkan air sungai metro meluap dengan membawa sampah, lumpur, hingga pohon bambu. Beberapa material tersebut menyangkut di tiang penyangga jembatan. Hingga memutuskan jembatan sepanjang 6 meter itu.

Bacaan Lainnya

“Ini jembatan penghubung antar dua Desa, yaitu Desa Jatisari dan Genengan. Jembatan ini merupakan jalur utama warga untuk beraktivitas,” ujarnya, Selasa 3/3/2020.

Sumiyar mengatakan, akibat putusnya jembatan tersebut, sedikitnya ada lima Desa yang terdampak. Sehingga masyarakat pengguna jembatan tersebut harus memutar lebih jauh lagi.

“Jembatan ini memang sudah tua, dibangun pada Tahun 1984. Warga akhirnya harus memutar sejauh tiga kilometer. Untuk sementara kami betulkan dengan menggunakan titian bambu,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Romdhoni sudah memerintahkan bawahannya untuk secepatnya memperbaiki jembatan yang tergolong sudah tua itu.

“Jembatan tersebut swadaya masyarakat. Tapi, tetap kami akomodir, kami upayakan ditahun ini akan diperbaiki,” ungkapnya, Selasa 3/3/2020.

Menurut Kepala Bidang Pemeliharaan, DPUBM Pemkab Malang, Suwignyo, jembatan tersebut memiliki bentangan sejauh 30 meter, dan lebar 1,5 meter.

“Jembatan itu berdiri diatas sungai Metro. Dipergunakan untuk roda dua. Jika memungkinkan di awal tahun bisa dikerjakan tahun ini. Tapi, jika masuk di PAK, ya baru bisa tahun depan (2021),” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *