Lakuka Upaya Preventif Penyebaran Virus, BBKP Bakar Kiriman Benih Ilegal Dari 11 Negara

Foto : petugas membakar benih selundupan dari berbagai negara

MALANGSATI.ID – Lakukan upaya preventif penyebaran virus dari benih luar negeri, Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya wilayah kerja Bandara Abd Saleh, memusnahkan 83 paket benih dari berbagai negara yang akan diselundupkan masuk ke Malang. Pemusnahan ini dilakukan di kantor BBKP Pakis, Senin 8/10/2019 siang.

Musyaffak Fauzi, Kepala BBKP Surabaya,  menyebut pemusnahan paket ini tak lepas dari upaya preventif penyebaran virus dari benih luar negeri.

Bacaan Lainnya

“Maraknya penggunaan transaksi online menjadikan jasa pengiriman Kantor Pos dan lainnya, berpotensi kedatangan paket berisi barang atau komoditas ilegal. Kami bersama Kantor Pos Malang menemukan 83 paket berisi benih tapi tidak disertai dokumen,” ujarnya.

Musyafak mengatakan bahwa paket berisi benih ini, terdiri dari benih tanaman hias atau bunga, sayur, buah-buahan utuh, serta tunas-tunas tumbuhan.

“Semua paket yang dimusnahkan, dikirim lewat kantor pos, periode Januari sampai Agustus 2019”, jelasnya.

Musyafak menyampaikan bahwa paket bibit tanaman tersebut berasal dari berbagai negara.

“Negara yang mengirim paket, berasal dari 11 negara. Yaitu, Cina, Amerika Serikat, Malaysia, Laos, Perancis, Swiss, Saudi Arabia, Taiwan, Thailand, Hongkong dan Singapura”, pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait