Kembangkan Inovasi Desa, TPID Pagak Fasilitasi Replikasi antar Desa

Foto : Kunjungan program replikasi ke desa pandanrejo pagak

MALANGSATU.ID – Program Inovasi Desa Tahun 2019 yang di luncurkan oleh Kemendes PDTT memaduki tahap replikasi, kegiatan Replikasi Inovasi Desa merupakan bagian tahapan program inovasi desa, seperti yang dilakukan oleh TPID Sumber Pucung yang melakuka studi banding dan di fasilitasi oleh TPID Pagak, Kamis 31/10/2019.

Qutfiyah, TPID Pagak mengatakan bahwa replikasi ini di selenggarakan untuk pertukaran pengetahuan dan menemukenali pengalaman terkait Inovasi antar Desa di Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

“Kami memfasilitasi replikasi program inovasi desa dari Kemendes, yang dilakukan oleh TPID Sumberpucung”, ujarnya

Qutfiyah mengatakan bahwa yang melakukan replikasi dari Desa Karangkates dan Desa Ternyang Kecamatan Sumberpucung yang berkunjung ke Kecamatan Pagak.

Foto : Replikasi didesa sumberkerto pagak

“Dua Desa dari kecamatan Sumberpucung yang melakukan replikasi, yakni Desa Trenyang dan Desa Karangkates”, jelasny.

Replikadi ini dihadiri oleh TPID Kecamatan Sumberpucung dan TPID Kecamatan Pagak dan juga dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan di Sumberpucung serta Kecamatan Pagak.

Qutfiyah menyampaikan bahwa kunjungan dilakukan pertama ke Desa Sumberkerto Kecamatan Pagak untuk mereplikasi pembuatan Batik Ecoprint.

“Di Desa Sumberkerto, kunjungan ini untuk melihat proses Batik Ecoprint, dimana pembuatanya berbasis ramah lingkungan dengan bahan-bahan yang diambil dari hasil Perkebunan di Sumberkerto”, jelasnya.

Lebih lanjut, Qutfiyah menambahkan kunjungan replikasi yang kedua dari Desa Ternyang Kecamatan Sumberpucung ke Desa Pandanrejo Kecamatan Pagak.

“Mereka akan mereplikasi tata kelola Wisata Desa Lembah Bidadari yang merupakan murni pengelolaanya oleh BumDesa dan Masyarakat Desa Pandanrejo, dalam hal ini wisata Desa lembah bidadari di support melalui swadaya masyarakat Desa dan Dana Desa dengan harapan jangka panjangnya bisa mengangkat kesejahteraan warga masyarakat Desa Pandanrejo”, pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *