Bersama Warga, Mahasiswa KKN-T Unira Malang Gelar Pelatihan Pengurangan Risiko Bencana di Dusun Umbulrejo

Foto : Giat belajar semesta KKN-T Unira Malang bersama warga Unbulrejo
Foto : Giat belajar semesta KKN-T Unira Malang bersama warga Unbulrejo

MALANGSATU.ID – Mahasiswa KKN-T Unira Malang bersama warga dusun Umbul Rejo Desa Sidodadi Gedangan menggelar kegiatan Belajar Semesta dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana, bertempat di Balai Dusun Umbulrejo, Minggu 11/8/2024

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini menggandeng Sidodadi Conservation Community (SCC) serta Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Malang.

Menurut Arga, Kordinator Kelompok KKN-T Unira Malang bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai penanggulangan bencana, terutama dalam menghadapi banjir yang kerap melanda kawasan tersebut saat musim penghujan.

“Materi pelatihan mencakup cara evakuasi, pertolongan pertama, serta langkah-langkah mitigasi risiko bencana”, ujarnya.

Arga mengatakan bahwa selain pelatihan, para peserta juga mengikuti simulasi penanggulangan bencana yang dirancang untuk menggambarkan situasi nyata ketika bencana terjadi.

“Dengan adanya simulasi ini, masyarakat diharapkan lebih siap dan mampu merespons situasi darurat dengan cepat, sehingga dapat meminimalisir dampak negatif dari bencana”, terangnya.

Arga juga mengatakan bahwa tidak hanya fokus pada penanggulangan bencana, pelatihan ini juga membahas upaya pelestarian lingkungan dan pengurangan dampak perubahan iklim.

“Salah satu program yang direncanakan adalah revitalisasi daerah aliran sungai dengan penanaman mangrove. Mangrove ini akan berfungsi untuk melindungi pantai dari erosi dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Selain itu, lahan di sepanjang sungai akan dimanfaatkan untuk membangun gapura yang mempromosikan wisata edukasi lingkungan, memperkenalkan konservasi mangrove dan sungai kepada masyarakat luas”, terangnya.

Ketua Kelompok KKN-T Unira Malang ini juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam kegiatan ini.

“Kami berharap pelatihan ini dapat membuat masyarakat lebih siap dalam menghadapi bencana dan lebih peduli terhadap lingkungan. Kerjasama dengan LPBINU dan SCC sangat krusial untuk keberhasilan kegiatan ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Umbulrejo juga menyampaikan apresiasinya atas inisiatif dan terlaksananya kegiatan ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan kesiapsiagaan mereka terhadap bencana dan perubahan iklim. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang,” harapnya.

Kegiatan ini dihadiri tokoh masyarakat Umbulrejo, perwakilan dari SCC, Nara Sumber dari LPBINU Kabupaten Malang, dan Dosen Pendamping Lapangan, Husnul Hakim Sy, MH. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *