Antisipasi Bencana, BPBD Siapkan Pos Lapangan Di Empat Kecamatan

Foto : Berbagai unsur turut bahu membahu lakukan gotong royong memperbaiki rumah warga yang terkena dampak puting beliung di jabung

MALANGSATU.ID – Memasuki musim hujan dan beberapa bencana terjadi di Kabupaten Malang serta datangnya musim pancaroba juga berpotensi meningkatkan terjadinya bencana alam.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyiapkan strategi untuk menghadapi bila terjadi bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, saat ditemui disela-sela peninjauan korban terdampak angin kencang di Dusun Jatiarjo, Desa Gunungjati, Jabung mengatakan bahwa BPBD menyiapkan empat pos lapangan di empat kecamatan, yang tersebar di Kabupaten Malang bagian Selatan, Barat dan Timur.

Bacaan Lainnya

“Kita siapkan pos lapangan, ada di Ngantang, Tumpang, Gedangan dan Donomulyo. Ada enam personil, disana kita siapkan peralatan seadanya. Kan kalau ada pohon tumbang, teman-teman lebih dekat, daripada berangkat dari Kepanjen,” ujarnya, Selasa 3/12/2019.

Bambang mengatakan, antisipasi lain yang dilakukan adalah dengan memangkas pepohonan yang dianggap sudah tua dan lapuk. Apalagi pepohonan yang ada di tepi jalan raya.

“Kalau ada pohon yang rawan tumbang, kita bisa tangani terlebih dahulu,” ujarnya.

Bambang menyebut bahwa koordinasi dengan instansi lain intensif dilakukan BPBD. Seperti dengan relawan PMI, Tagana serta yang lainnya.

“Jadi kita tetap baik-baik saja. Seperti contoh sekarang itu, ada teman-teman Tagana, ada teman-teman Dinas Sosial, ada teman-teman PMI, Banser, semua ikut disini,” pungkasnya. (*)

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita

Pos terkait