KPU Kab Malang Lantik 165 PPK Pemilu 2024

  • Whatsapp
Foto : Ketua KPU Kab Malang lantik PPK se kab malang
Foto : Ketua KPU Kab Malang lantik PPK se kab malang

MALANGSATU.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang melantik 165 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bertempat di gedung DPRD Kabupaten Malang jalan Panji Kepanjen, Rabu (4/1/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua KPU Kabuoaten Maalang, Anis Suhartini bahwa 165 anggota tersebut terdiri dari 44 anggota perempuan dan 121 laki-laki.

“Artinya komposisi anggota PPK itu sendiri sudah memenuhi keterwakilan perempuan./Insyaallah sudah memenuhi ya sekitar 27 persen,” ujarnya.

Anis mengatakan bahwa untuk memilih 165 PPK tersebut, membutuhkan proses cukup panjang, mulai pendaftaran, tes administrasi, hingga tes tulis dengan memanfaatkan CAT milik BKPSDM dan terakhir adalah wawancara.

“Di tahapan wawancara itu setiap peserta kita tanya wawasan hingga semua potensi yang bersangkutan kita gali,” jelasnya.

Ketua KPUD Kabioateb Malang, Anis Suhartini melanjutkan, bahwa setelah di lakukan wawancara tahapan berikutnya adalah pengumuman 10 peserta yang dinyatakan lolos dan semuanya berdasarkan peringkat.

“Dari 10 PPK yang terpilih itu, 5 rangking teratas resmi dilantik menjadi PPK, sementara bagi rangking 6 hingga 10 menjadi cadangan atau Pergantian Antar Waktu (PAW) jika sewaktu-waktu diantara 5 besar tersebut berhalangan tetap”, terangnya.

Anis juga mengatakan bahwa anggita PPK ini sudah mulai bekerja setelah dilantik.

“Hari ini juga mereka mulai bertugas,” ujarnya.

Anis mengatakan bahwa masa tugas mereka sendiri bakal berlaku hingga 9 bulan kedepan. Kendati demikian lantaran tahapan Pemilu masih akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 maka sesuai regulasi petugas PPK Pemilu baru akan selesai bekerja setelah dua bulan pasca Pemilu.

Apakah PPK ini juga akan bertugas pada tahapan Pilpres atau Pilkada, Anis menyebut masih menunggu regulasi baru terkait PPK.

“Apakah akan dilakukan asesment atau seperti apa kita masih nunggu regulasinya, dan sekali lagi kami tegaskan bahwa yang dilantik hari ini adalah PPK untuk Pemilu 2024,” pungkas(*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait