Gunungkawi Macet Total, Puluhan Ribu Kader NU Kab Malang Ikuti Mujahadah dan Apel Kader

  • Whatsapp
Foto : Pyluhan ribu kader NU kab Malang ikuti mujahadah dan apel kader di gunungkawi
Foto : Pyluhan ribu kader NU kab Malang ikuti mujahadah dan apel kader di gunungkawi

MALANGSATU.ID – Gunungkawi Macet total di penuhi puluhan ribu Nahdliyin Kabupaten Malang yang hadir memeriahkan Mujahadah dan Apel Akbar Kader NU. Dimana kegiatan ini dipusatkan di Alun-alun Pesarean Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari, Sabtu hingga Ahad (14-15/01/2023). 

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili menyampaikan bahwa kegiatan digelar untuk mengonsolidasikan gerakan NU di kawasan setempat. Sekaligus dalam rangka menyongsong 1 abad NU.

“Konsolidasi dan memberi semangat baru kepada kader NU, utamanya penggerak NU dan memotivasi yang masih kurang mantap, supaya betul-betul mantap berkhidmat di NU,” ujarnya, Minggu (15/01/2023).

Ketua PCNU Kabupaten Malang mengapresiasi kehadiran penggerak dan kader NU meskipun dalam kondisi hujan deras. Mereka merupakan alumni Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama atau PKPNU.

“Kader PKPNU memang luar biasa, meskipun hujan banyak yang datang. Saya kira lebih dari 10 ribu yang hadir. Alhamdulillah kegiatan di Gunung Kawi ini sukses,” tuturnya.

Gus Hamim menjelaskan bahwa pemilihan tempat Gunung Kawi untuk kegiatan dalam rangka menyapa kader NU di daerah bersejarah tersebut. Apalagi dalam sejarahnya ada sosok KH Imam Sujono dan KH Zakaria yang merupakan pasukan dari Pangeran Diponegoro. Keduanya mengembangkan Islam di kawasan setempat, apalagi juga dikenal sebagai mursyid thariqat.

“Kalau ngomong thariqat dan shalawat maka pasti NU. Oleh karenanya kita sapa orang-orang di sini agar mereka memiliki kebanggaan kepada NU,” jelasnya.

Dirinya juga berharap usai kegiatan ini, Nahdliyin di sejumlah daerah bisa lebih tergerak, utamanya di kawasan paling bawah. Apalagi hal tersebut merupakan harapan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“Tentu kami berharap warga NU yang ada, terutama di daerah seperti halnya Gunung Kawi ini lebih tergerak untuk berjuang sesuai dengan visi misi yang dicanangkan PBNU yang dibreakdown ke bawah,” tutupnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua Umum PBNU, KH Zulfa Mustofa, Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, Bupati Malang, HM Sanusi, Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Malang, KH Zainal Arifin, dan para kyai lainnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait