Pemkab Malang Raih Penghargaan Atas Dukungan Industri Halal Dari Pemprop Jatim

  • Whatsapp
Foto : Wakil Bupati Malang saat menerima penghargaan dari Gubernur Jatim
Foto : Wakil Bupati Malang saat menerima penghargaan dari Gubernur Jatim

MALANGSATU.ID – Pemkab Malang meraih penghargaan sebagai Kabupaten yang mendukung industri Halal dari pemerintah Propinsi Jawa Timur, penghargaan ini diterima Wakil Bupati Malang, Drs H Didik Gatot Subroto SH.MH di Surabaya, Selasa (20/9/2022).

Bacaan Lainnya

Penghargaan ini menandakan jika pemerintah terus hadir untuk memberikan ruang yang lebih luas kepada industri halal di Kabupaten Malang.

Menurut Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto bahwa penghargaan ini merupakan bentuk kehadiran Pemkab Malang dalam mendukung Industri halal dikab Malang, yakni dengan capaian berupa penghargaan yang diterima Pemkab Malang.

Menurutnya, sejauh ini Pemerintah terus mendorong para pelaku IKM untuk terus berkembang. Caranya dengan mempermudah akses berupa modal maupun perijinan dan sertifikasi halal.

“Kita dorong terus, apalagi dengan wilayah yang sangat luas, jumlah pelaku IKM di Kabupaten Malang ini kan banyak, disini kehadiran pemerintah sangat dibutuhkan untuk memberikan ruang agar pelaku IKM ini terus berkembang dengan cara lewat permodalan dengan suku bunga rendah dan mempermudah akses perijinan terutama perizinan sertifikat halalnya,” terangnya.

Didik mengatakan bahwa tidak hanya kemudahan modal dan perijinan, untuk memberikan sertifikat halal, Pemerintah Kabupaten Malang juga berkolaborasi dengan beberapa laboratorium uji terutama dari kalangan akademisi untuk mengakomodir perijinan industri halal di Kabupaten Malang.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua hasil produksi IKM di Kabupaten Malang ini layak mendapatkan sertifikasi halal dari Pemerintah”, ujarnya.

Didik juga mengatakan bahwa jika sudah mengantongi sertifikat halal, maka para pelaku IKM tersebut, sudah tidak perlu khawatir lagi dan akan mudah mengenalkan dan memasarkan berbagi hasil produksi IKM yang dikembangkan.

“Apalagi sekarang ini persaingan pasar sangat ketat, dan tuntutan konsumen terhadap produk halal ini kan sangat tinggi, maka dengan sertifikat halal yang dikantongi ini kan bisa menjadi daya tarik tersendiri terutama di pasar digital maupun pasar konvensional,” tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait