Unira Malang Lepas Mahasiswa KKN-T, Fokus Pengembangan Desa Berbasis Potensi Kawasan Pedesaan

  • Whatsapp
Foto : Pelepasan mahasiswa Unira Malang dalam rangka pelaksanaan program pengabdian Masyarakat KKN-T
Foto : Pelepasan mahasiswa Unira Malang dalam rangka pelaksanaan program pengabdian Masyarakat KKN-T

MALANGSATU.ID – Unira Malang berangkatkan mahasiswa ke berbagai Desa yang ada di Kabupaten Malang dalam rangka program pengabdian masyarakat KKN-T (Kuliah Kerja Nyata-Tematik)  dihalaman Belakang Kampus Unira Malang Jl Mojosari 2 Kepanjen, Kamis 7/7/2022.

Bacaan Lainnya

Program KKN-T Unira Malang tahun ini mengambil fokus tema “Membangun Desa melalui Pengembangan Potensi Kawasan Pedesaan”.

Muhammad Imron, M.AP, Kepala LPPM Unira Malang menyampaikan bahwa tema KKN-T kali bertujuan untuk mengimplemantasikan Peraturan Menteri Desa No 5/2016 Tentang Pembangunan Kawasan Pedesaan.

“Hal ini akan memungkinkan tumbuhnya kolaborasi potensi desa-desa dalam satu kawasan untuk diangkat dan dikelola secara bersama sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa”, ujarnya.

Menurut Imron bahwa dengan adanya kolaborasi potensi tersebut, maka kedapan dapat dikembangkan semacam “experiential tourism”. 

“Experential tourism sendiri merupakan konsep wisata yang memberikan sajian pengalaman orisinal khas penduduk lokal baik itu tradisi-budaya, hingga pengalaman mengolah hasil perkebunan rakyat kepada para wisatawan yang berkunjung”, terangnya.

Sementara itu, dalam sambutan virtualnya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Halim Iskandar menyampaikan apresiasi atas partisipasi Unira Malang dalam penyelenggaraan KKN Tematik pada tahun ini, dan berharap kedepan akan semakin banyak mahasiswa yang dapat diterjunkan ke masyarakat untuk ikut beperan aktif dalam pembangunan masyarakat desa.  

“Sebagai bentuk dukungan kemendes Tenaga Pendamping Desa yang berada program kementerian desa akan diberikan instruksi secara langsung untuk turut serta membantu pelaksanaan kegiatan KKN-T Unira Malang. Tenaga Pendampng Desa akan siap mendampingi mahasiswa untuk menjalankan program  KKN-T”. ujarnya.

Menteri Desa juga berharap bahwa KKN Tematik yang diselengagrakan Unira Malang dapat mempercepat kemajuan desa seperti yang terprogram dalam 18 Program Sustainable Developmen Goals.

“Adapun yang termasuk dalam SDGs Desa meliputi mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”, terangnya.

Sebagai informasi, bahwa mahasiswa ini akan ditempatkan  dibebrapa lokasi selama satu bulan penuh. Dilokasi KKN -T diharapkan mahasiswa untuk belajar dan menyerap pengetahuan yang bersumber dari kearifan lokal, sosial budaya maupun keterampilan lain yang dapat memperkaya pengetahuan intelektual hingga perilaku sosial dan emosional.

Adapun desa yang menjadi sasaran program adalah Desa Jambuwer yang berada di Kecamatan Kromengan serta beberapa desa yang berada di Kecamatan Ngajum yakni Desa Balesari, Kesamben, Babadan, Palaan, Ngasem dan Desa Ngawonggo yang berada di Kecamatan Tajinan. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait