Relaunching PSC 119, Tingkatkan Layanan Cepat Tanggap

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang dan kapolres Malang saat relaunching PSC 119
Foto : Bupati Malang dan kapolres Malang saat relaunching PSC 119

MALANGSATU.ID – Bupati Malang, HM Sanusi, bersama Kapolres Malang, Dandim 0818 Kabupaten Malang Kota Batu, dan Ketua DPRD Kabupaten Malang mere-launching Public Safety Center (PSC) 119 di Gedung Sanika Satyawada Polres Malang, Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa 5/7/2022.

Bacaan Lainnya

Acara ini juga dirangkai dengan Peringatan Hari Bhayangkara ke 76, yang dihadiri para pejabat sipil, TNI dan Polri, serta undangan secara virtual yang diikuti pasukan gabungan dari halaman Stadion Kanjuruhan Kepanjen.

Bupati Malang menyampaikan ucapan terima kasih karena telah berkomitmen dan bekerja keras dalam rangka optimalisasi pelayanan Publik safety Center (PSC)

”Terima kasih kepada semua pihak atas komitmen, kerja keras, dan dedikasinya dalam rangka optimalisasi pelayanan Public Safety Center (PSC) 119. Mudah-mudahan dapat menjadi spirit baru bagi kita semua, dan semoga keberadaan PSC 119 Kabupaten Malang ini dapat menjadi platform pendukung sekaligus penunjang dalam penyelenggaraan pelayanan kegawatdaruratan terpadu di wilayah Kabupaten Malang,” jelasnya.

Menurut Bupati Malang, HM Sanuai bahwa pemerintah Kabupaten Malang menyadari betul bahwa perlu adanya sinergi dan kolaborasi antar seluruh elemen pembangunan tanpa terkecuali hingga lahirnya ide agar Kabupaten Malang memiliki PSC 119.

Bupati Malang juga mengatakan bahwa melihat kecenderungan masyarakat yang pastinya terus berkembang, sehingga sebagai pelayan masyarakat juga harus mengupayakan peningkatan dan optimalisasi kinerja, utamanya berkaitan dengan sektor pelayanan publik, sebagai salah satu indikator penting yang tentunya harus terus dipacu melalui berbagai terobosan kreatif dan inovatif.

”Secara khusus, PSC 119 Kabupaten Malang ini hadir sebagai respon positif atas kegawat-daruratan yang ada di masyarakat, dengan berupaya akselerasi pelayanan publik, serta bentuk komitmen kita bersama, yang diwujudkan melalui kolaborasi lintas sektor untuk menyelenggarakan pelayanan bidang kegawatdaruratan yang mudah, cepat, dan semakin dekat dengan masyarakat”, ujarnya.

Menurut Bupati Malang, PSC 119 menjadi salah satu bentuk nyata sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Malang, Kepolisian, dan juga dengan TNI, bersama berbagai unsur terkait lainnya. 

“PSC 119 ini adalah pusat pelayanan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan, dengan respon cepat dan tanggap,” jelasnya.

Bupati Malang, HM Sanusi juga menyampaikan bahwa beberapa kejadian atau kasus yang akan dilayani PSC 119 ini diantaranya kecelakaan lalu lintas, layanan pengaduan, informasi Kepolisian, kegawat-daruratan ibu dan anak, serangan jantung, kondisi kritis, trauma, keluhan medis lainnya, dan juga pelayanan informasi kesehatan. Secara khusus, Bupati Malang menyampaikan bahwa mekanisme pelayanan PSC 119 ini menggunakan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). SPGDT ini merupakan suatu mekanisme pelayanan korban/pasien gawat darurat yang terintegrasi dan berbasis call center dengan menggunakan kode akses telekomunikasi 119.

”Kepada seluruh jajaran unsur penyelenggara pemerintah dan berbagai lintas sektor di Kabupaten Malang, agar dapat meningkatkan koordinasi dan kerjasamanya, sehingga PSC 119 Kabupaten Malang benar-benar mampu berjalan maksimal dan dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat luas. Kita semua tentu berharap, koordinasi dan komunikasi yang aktif nantinya juga dapat terjalin dengan baik, sehingga akan terwujud pelayanan kegawatdaruratan Kabupaten Malang yang responsif dan terintegrasi. Masyarakat Kabupaten Malang juga bisa memanfaatkan pelayanan PSC 119 ini melalui aplikasi,” pungkasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait