Mahasiswa Unira Malang Gelar Pelatihan Desa Digital

  • Whatsapp
Foto : Mahasiswa Unira Malang gelar pelatihan Desa Digital
Foto : Mahasiswa Unira Malang gelar pelatihan Desa Digital

MALANGSATU.ID – Mahasiswa UNira Malang KKN- T kelompok 7, menggelar pelatihan  digitalisasi pemerintahan desa, bertempat di Balai Desa Ngasem, Kecamatan Ngajum, Rabu 20/7/2022.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini mengusung tema tentang “Membangun Desa Melalui Perkembangan Teknologi” yang di buka langsung oleh pihak LPPM Unira Malang.

Tampak hadir perwakilan LPPM Unira Malang, Eko Yusuf Wahyudi, Perwaklian Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Nanang sebagai Narasumber materi pertama “Tata Kelola Pemrintah Desa” dan perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Malang, Aris Sebagai Narasumber kedua yakni materi Desa Digital.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Perangkat Desa Ngasem, tokoh masyarakat, RT, RW serta Organisasi Masyarakat setempat.

Romdloni Maulana, ketua kelompok 7 KKN-T Unira Malang mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini sendiri, untuk membantu desa dalam menghadapi perkembangan teknologi.

“Salasatu kegiatannya nanti membantu mengaktifkan kembali website desa untuk mendukung sistem pelayanan pemerintahan desa yang berbasis  digital”, ujarnya.

Romdloni mengatakan bahwa salah satu pesan dari narasumber yang hadir hari ini adalah bahwa pelayanan masyarakat yang terbatas sehingga di harapkan kedepannya bisa membuat inovasi pelayanan digital agar dapat mengembangkan potensi desa.

“Kami berharap output dari kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan pelayanan secara digital di Desa”, ujarnya.

Sementara itu, Nadif selaku sekretaris Desa Ngasem mengatan bahwa kegiatan ini sangat bagus sekali karna sangat membantu dalam meningkatkan kapasitas perangkat desa.

Tidak hanya itu beliau juga menambahkan bahwa selama  memasuki desa dalam dua tahun terakhir belum diadakan lagi pelatihan seperti ini.

“Harapan kedepannya desa bisa mengaplikasikannya demi kemajuan desa. Kami mengharapakan agar mahasiswa KKN -T kelompok 7 juga bisa mengembangkannya di daerah masing-masing”, ujarnya.

Harapan dengan adanya pelatihan desa digital yang dibuat oleh mahasiswa KKN-T  kelompok 7 Unira Malang ini, bisa membantu pemerintahan desa setempat dalam mengaplikasikannya sehingga dapat memberikan info kepada publik serta dapat mengembangkan website desa sesuai kebutuhan dalam melayani masyarakat. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait