Bupati Malang Apresiasi Pagelaran Tawasul Kebangsaan Lesbumi NU Kab Malang

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang saat menyerahkan gunungan kepada dalang ki Ardhi dari lesbumi kab malang
Foto : Bupati Malang saat menyerahkan gunungan kepada dalang ki Ardhi dari lesbumi kab malang

MALANGSATU.ID – PC Lembumi Kabupaten Gelar Tawasul Kebangsaan dalam rangka memperingati Haul Bung Karno ke-52 sekaligus menyambut Hari Santri Nasional yang bertempat di Pendopo Panji Kabupaten Malang, Kamis 23/6/2022 pagi.

Bacaan Lainnya

Tampak hadir Bupati Malang, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, S, Kejari Kabupaten Malang Dr. Diah Yuliastuti,S.H., M.H, Keluarga Besar LESBUMI NU, Forkopimda Kabupaten Malang serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Malang.

Acara ini diisi serangkaian kegiatan, seperti  pemberian Gunungan dari Bupati Malang kepada Ki Dalang Ardhi. Sebelum Pagelaran Wayang Kulit dimulai, dipersembahkan Tari Garuda Nuswantara dari Sanggar Gong Production pimpinan Rere Wicitra yang menggambarkan bahwa Burung Garuda adalah burung yang gagah, indah dan berani. Gerakannya yang sangat tangguh dan tegas memberikan rasa tersendiri dan memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Suasana nasionalisme semakin kuat setelah acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Suhubbul Wathon.

Dalam sambutannya, Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali jasa Bung Karno. Terutama perannya dalam kemerdekaan Indonesia.

“Mudah-mudahan makna dari pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan spirit bagi kita, dan semoga nantinya seluruh rangkaian acara dapat berjalan lancar serta mampu memberikan manfaat positif bagi masyarakat, bangsa dan negara, Peringatan ini harus dijadikan sebagai sumber inspirasi dan kreatifitas”, ujarnya.

Selain sebagai wadah untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa, Bupati Malang menjelaskan bahwa Tawassul Kebangsaan ini juga sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada ptoklamator.

“Dengan senantiasa mendoakan Bapak Proklamator kita sebagai the founding fathers Republik Indonesia”, ujarnya.

Bupati Malang juga mengatakan bahwa selain Haul Bung Karno, kegiatan Tawassul Kebangsaan ini juga dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional.

“Mari kita maknai sebagai spirit, termasuk bagi para santri yang juga identik dengan generasi muda, untuk memberikan kontribusi pemikiran positif kepada negeri ini, selagi kita masih muda, enerjik, intelek, dan kreatif”, ujarnya.

Terakhir, sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Malang berpesan kepada Lesbumi NU Kabupaten Malang, sebagai lembaga yang bergerak di bidang seni dan budaya, agar senantiasa mampu untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat melalui program-program yang dapat menumbuhkan semangat nasionalisme, semangat untuk mencintai produk dan kebudayaan dalam negeri serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan ajaran agama. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait