Bagi yang Ingin Daftarkan HAKI, Simak Dulu Tips dan Pengalaman PKL Kelompok Mahasiswa Ini

  • Whatsapp
Foto : Mahasiswa sedang lakukan studi lapang
Foto : Mahasiswa sedang lakukan studi lapang

MALANGSATU.ID – Keberadaan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), dinilai penting dan memberikan kemanfaatan bagi banyak pihak karena selain menjadi landasan legalitas warga yang ingin menjalankan usaha, juga memberikan income bagi negara yang tidak sedikit.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya untuk mendaftarkan HAKI tidak sulit. Selama Kita paham akan tips dan kiatnya,” tegas Mahasiswa
Fakultas Hukum Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), Sulistio, baru-baru ini.

Sekilas info, selama ini pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual, dinilai ribet dan rumit, namun sebenarnya tidaklah demikian adanya, jika paham akan kiat dan tipsnya.

Dikatakannya perlindungan kekayaan intelektual ternyata mampu berkontribusi signifikan pada pembangunan nasional, namun pada praktiknya, perlindungan kekayaan intelektual membutuhkan implementasi yang tepat dalam pelaksanaannya.

“Kurangnya pemahaman akan hal itulah yang Kami manfaatkan dengan melakukan studi lapangan di CV Cyda Indonesia. Diharapkan hasilnya nanti bisa bermanfaat secara luas untuk masyarakat,” tegasnya.

Diceritakannya selain dirinya, ia bersama Syailin dan Kukuh Hendra Gunawan belajar lapangan sejak 15 Februari sampai dengan 15 Mei 2022.

“Kita banyak belajar dari Dr. Lukman Hakim selaku pimpinan CV yang memberikan panduan dalam pencatatan HAKI para klien yang datang. Mulai dari pengecekan, konsultasi dan pencatatan. Tak lupa Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Fahmi Arif Zakaria, SH., MH, yang banyak membantu,” imbuhnya.

Tercatat selama studi lapangan, kelompoknya mampu melakukan pencatatan oleh akademisi perguruan tinggi di Malang. “Puji syukur, berkat tekat dan kemauan belajar yang tinggi, Kami berhasil melakukan konsultasi dan pencatatan HAKI atas 6 karya tulis berupa buku ajar oleh dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya,” urai mahasiswa semester 6 tersebut.

Sementara itu, Spesialis pengolah data penelitian CV Cyda Indonesia Fendi Ferdiansyah, SE menuturkan saat ini dibutuhkan diseminasi hak kekayaan intelektual yang efektif, mengingat potensi kontribusi yang besar bagi perekonomian nasional. “Kami mendukung agenda (program) tersebut. Kami turut memberikan konsultasi dan proses pencatatan HAKI,” tandasnya.

Diungkapkannya pihaknya berupaya membantu dan mitra solusi yang efektif bagi para dosen terkait kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kerjasama dengan instansi lain dan proses pengajuan HAKI. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait