Pemkab Malang Siapkan Ruang Isolasi Di Setiap Kecamatan

  • Whatsapp
Foto : Wakil Bupati Malang saat lakukan pengecekan ruang isolasi disalah satu kecamatan
Foto : Wakil Bupati Malang saat lakukan pengecekan ruang isolasi disalah satu kecamatan

MALANGSATU.ID – Meningkat nya angka Kasus Covid-19 yang cukup tinggi, membuat Pemkab Malang harus bekerja ekstra keras, pasalnya hingga saat ini pemakaian Bed Ocupansi Rate ICU RS Rujukan sudah mencapai 96 persen sementara BOR isolasi pasien covid ringan terpakai sekitar 76 persen.

Bacaan Lainnya

Dalam mengantisipasi peningkatan tersebut, Pemkab Malang dengan Forkopimda telah sepakat menyediakan ruang isolasi terpadu di 33 Kecamatan.

Hal ini seperti disampaikan oleh Wakil Bupati Malang Drs H Didik Gatot Subroto bahwa pemkab malang menyiapkan save house atau ruang isolasi yang akan ditempatkan didekat puskesmas di setiap kecamatan.

“Kapasitasnya maksimal diisi sekitar 50 tempat tidur dengan di lengakapi selimut, thermo suhu, alat tensi, dan vitamin serta oksigen”, ujarnya.

Didik mengatakan bahwa disetiap save house atau ruang isolasi akan ada satu ambulance.

“Di sana nanti akan kita tempatkan ambulance yang siap antar jemput pasien ke desa dan dijaga oleh Nakes yang juga melibatkan bidan desa dan perawat desa,” Terangnya.

Wabup mengatakan bahwa diruang isolasi terpadu tersebut, akan difokuskan bagi pasien Covid kategori ringan yang tengah menjalani isolasi mandiri dirumah. Hal ini dilakukan karena jika di tempatkan di ruang isolasi terpadu, maka akan lebih memudahkan pengawasan dan penanganan, sehingga dapat menekan sebaran virus di keluarga dan lingkungan sekitar.

Selain diawasi ketat oleh dokter dan Nakes lainnya, menurut Didik, ruang isolasi terpadu di tingkat Kecamatan tersebut juga akan diawasi ketat oleh TNI dan Polri dan Pemerintah Desa.

”Upaya ini adalah bukti keseriusan Pemkab dan Forkopimda untuk menangani Covid -19 di Kabupaten Malang yang lonjakannya cukup tinggi,” terangnya.

Didik menambahkan, terkait anggarannya akan dialokasikan dari anggaran di setiap kecamatan dan Dana Desa, Pemerintah sendiri telah memutuskan bahwa penggunaan DD untuk penanganan Covid minimal 8 persen.

Wakil Bupati Malang berharap dengan tersedianya ruang isolasi terpadu tersebut, bisa mengurangi lonjakan Covid-19, selain itu pengawasan pasien Covid yang menjalani isolasi di ruang terpadu tersebut lebih mudah. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait