Lakukan Ikhtiyar Batin, Ini Yang Dilakukan Forkopimda Malang Agar Pandemi Segera Berakhir

  • Whatsapp
Foto : Forkopimda ajak masyarakat tingkatkan doa agar pandemi berakhir
Foto : Forkopimda ajak masyarakat tingkatkan doa agar pandemi berakhir

MALANGSATU.ID – Forkopimda Kabupaten Malang ajak masyarakat lakukan ikhtiyar spiritual agar pandemi Covid-19 segera berakhir, dengan meningkatkan doa sebagai ikhtiar spiritual agar┬áPandemi Covid-19┬ácepat berlalu.

Bacaan Lainnya

Momentum ajakan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Forkopimda Kabupaten Malang untuk meningkatkan doa di tengah Pandemi Covid-19, dilaksanakan di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Rabu 28/7/2021.

Hadir dalam kesempatan itu para pemimpin ormas Islam Kabupaten Malang.

Sementara itu, Forkopimda Kabupaten Malang tampak lengkap hadir dalam kegiatan tersebut. Diantaranya, Bupati Malang HM Sanusi, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra dan Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono beserta PJU Polres Malang.

Ketua BAZNAS Kabupaten Malang, KH Khoirul Hafidz Fanani membacakan seruan dan komitmen meningkatkan doa yang diikuti sejumlah ormas Islam lainnya.

Beberapa poin yang dibacakan dalam.kesempatan tersebut antara lain :

  1. Berusaha semaksimal mungkin untuk mengajak warga kabupaten malang menerapkan protokol kesehatan 6M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabu maupun hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan dan menghindari makan bersama secara ketat.
  2. Mengajak seluruh warga masyarakat untuk mematuhi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah termasuk program vaksinasi
  3. Mengajak seluruh umat islam untuk terus mendekatkan diri kepada allah SWT, bermunajat, berdoa serta memohon rahmat dan inayah-nya dengan memperbanyak bacaan istighfar, sholawat, istighosah, dan doa-doa yang telah diijazahkan atau diajarkan oleh para kyai maupun ulama agar wabah Covid-19 segera diangkat dan dihilangkan dari muka bumi.

Semwntara itu, Bupati Malang HM Sanusi menjelaskan, pemerintah saat ini secara fisik terus berupaya melakukan penanganan Covid-19. Namun secara batin juga dilakukan agar upaya yang telah dilakukan mendapat ridho dari Tuhan.

“Untuk itu, perlu adanya dukungan dari para Alim ulama dan Umaroh, untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah, agar secepatnya mengangkat pandemi Covid-19 dari muka bumi. Ini salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh semua elemen yang bertugas menangani pandemi Covid-19,” ujarnya kepada awak media.

Lebih lanjut dia mengatakan, pandemi Covid-19 yang melanda sudah setahun lebih, berdampak seluruh wilayah muka bumi mengakibatkan penurunan perekonomian dan belum lagi terjadinya korban jiwa akibat terpapar Covid-19.

Menurut Bupati Malang, belum lagi masyarakat maupun pasien yang sedang melakukan isoman, maka pihak keluarga akan menanggung seluruh beban tersebut.

“Covid-19 ini membuat terpuruknya perekonomian secara global maupun lokal, untuk itu perlu adanya bantuan yang dilakukan oleh pemerintah maupun pihak lain yang memiliki kelebihan rejeki,” tuturnya.

Belum lagi, lanjut HM Sanusi, jika sampai ada keluarga yang meninggal, akibat covid 19 karena jumlah yang terpapar di wilayah Malang jumlahnya tidak sedikit.

“Kepada seluruh warga kabupaten yang menjadi korban pandemi Covid-19 sampai ada keluarga yang meninggal, maka saya atas nama Pemkab Malang mengucapkan turut berbela sungkawa,” terangnya.

Untuk itu, tambah Sanusi, dirinya meminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan pribadi secara mandiri, dengan menjalankan protokol kesehatan (Prokes) dan juga melakukan vaksin.

Karena penanganan Covid-19 tidak hanya menjadi tanggung jawab Forkopimda saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama dari seluruh lapisan masyarakat

“Pemerintah itu hanya mengandalkan vaksin, maka perlu adanya kesadaran masyarakat semuanya,” jelasnya.

Terakhir kata dia, upaya rohaniah maupun spiritual yang dilakukan Forkopimda Kabupaten Malang adalah dengan mengajak masyarakat untuk meningkatkan doa agar Pandemi Covid-19 segera berlalu.(*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait