Darurat Covid, Ini Yang Akan Dilakukan Pemkab Malang

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi

MALANGSATU.ID – Pemerintah Kabupate Malang siapkan 3 opsi untuk menangani darurat kasus Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

Hal ini seperti disampaikan oleh Bupati Malang HM Sanusi yang menjelaskan, bahwa istilah PPKM Mikro saat ini diganti dengan Istilah Darurat Covid.

Terkait teknis, HM Sanusi, mengatakan bahwa hari ini akan dirapatkan dengan Ketua Satgas Penanganan Covid Jawa Bali yaitu Menko Maritim Luhur Binsar Panjaitan.

“Hari ini kita akan Rakor dengan Ketua Satgas Covid Jawa Bali,” ujarnya, Kamis 1/7/2021.

Bupati Malang menjelaskan bahwa untuk menangani Covid-19 tersebut, pihaknya bersama Forkopimda akan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menerapkan Prokes Covid secara ketat.

“Kita akan sosialisasi soal darurat Covid-19. Jika selama tiga hari sosialisasi tersebut tidak berhasil, maka kita bersama Kapolres Malang, Dandim 0818 Malang /Batu, Kajari dan Satpol PP akan melakukan operasi yustisi penegakan disiplin Prokes Covid-19,” jelasnya.

Bupati Malang menambahkan bahwa jika selama tiga hari masih belum membuahkan hasil, maka Satgas Covid Kabupaten Malang, akan melakukan penyekatan, selain memberlakukan larangan ketat terutama tempat-tempat kerumunan masyarakat.

Bupati Malang, HM Sanusi juga meminta tambahan Bed Ocupansi Rate (BOR) kembali sekitar 10 persen untuk cadangan jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus Covid-19. Saat ini dari sekitar 620 BOR di RS Rujukan Covid di Kabupaten Malang, sudah terisi sekitar 520 BOR.

“Makanya kita minta ke RS Rujukan Covid di Kabupaten Malang untuk menambah sekitar 10 persen Bed untuk cadangan, kita akan pinjami alat ventilator kepada mereka. Alhamdulillah permintaan kita direspon,” tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait