Kiai Nawawi Wafat, Ribuan Alumni Ponpes Sidogiri Di Malang Berduka

  • Whatsapp
Foto : KH. A. Nawawi Abdul Djalil, pengasuh ponpes Sidogiri wafat
Foto : KH. A. Nawawi Abdul Djalil, pengasuh ponpes Sidogiri wafat

MALANGSATU.ID – Pengasuh pondok pesantren Sidogiri dan salah satu ulama panutan bangsa Indonesia, KH A Nawawi Abdul Djalil, meninggal dunia, Minggu 13/6/2021.

Bacaan Lainnya

Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, ini mengembuskan napas terakhir di RSUD Pasuruan setelah sebelumnya sempat dirawat di RS Lavalete Malang.

Wafatnya KH A. Nawawi Abdul Djalil membawa duka mendalam bagi ribuan alumni santri ponpes Sidogiri yang berada di Malang.

Salah satunya adalah H. Mahrus Ali, yang merupakan alumni ponpes Sidogiri, wafatnya Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu membawa duka mendalam bagi alumni di Malang.

Menurut Mahrus Ali, anggota DPRD FPKB Kabupaten Malang ini bahwa KH A. Nawawi Abdul Djalil merupakan sosok ulama pengayom dan sangat dihormati. 

“Kami kehilangan guru, kiai dan ulama panutan yang sangat mengayomi. Semoga Allah SWT merahmatinya, amin,” ujarnya, Senin 14/6/2021.

Sekretaris FPKB DPRD Kabupaten Malang tersebut menuturkan, bahwa Kiai Nawawi adalah seorang ulama yang sangat cinta kepada bangsanya. Kiprahnya untuk bangsa, terutama dalam mencetak anak bangsa yang berkualitas dan memiliki pemahaman keagamaan mumpuni sangat luar biasa.

“Selama dipondok, kami sangat merasakan betapa beliau sangat perhatian kepada para santri dan tetap mengayomi ketika kami telah jadi alumni, beliau peduli pada alumninya”, ujarnya.

Mahrus Ali menambahkan bahwa dengan wafatnya KH. A. Nawawi Abdul Djalil, seluruh alumni bersedih, khususnya yang berada di Malang Raya.

“Kami sangat kehilngan dan tentu bersedih ditinggalkan oleh guru kami, semoga kita semua sebagai santri bisa meneruskan perjuangan beliau”, pungkasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait