Dana Bantun PKH Ditilap Pendamping, Mensos RI Apresiasi Polres Malang Ungkap Penyalahgunaan PKH

  • Whatsapp
Foto : Mensos RI saat serahkan bantuan PKH Secara simbolis
Foto : Mensos RI saat serahkan bantuan PKH Secara simbolis

MALANGSATU.ID – Mensos RI, Tri Risma Harini apresiasi kinerja Polres Malang yang telah mengungkap kasus penyalahgunaan PKH atau Program Keluarga Harapan oleh oknum pendamping.

Bacaan Lainnya

Mensos menyampaikan apresiasi tersebut, saat lkukn kunjungan kerja menyerahkan secara simbolis program  PKH yang disalahgunakan kepada lima orang penerima di desa Kanigoro, Pagelaran, Kabupaten Malang, Selasa 29/6/2021.

Hadir mendampingi Mensos RI Bupati Malang, HM Sanusi, Wabup Malang Didik Gatot Subroto, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi dan sejumlah pejabat Pemkab Malang.

Mensos RI, menyampikan ucapan terimakasih kepada pihak kepolisian yng telah berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan bantuan PKH oleh oknum pendamping.

“Saya berterimakasih kepada Mabes Polri dan Polres Malang yang berhasil mengungkap kasus ini (Penyalahgunaan PKH). Polres Malang ini paling cepat,” ujarnya.

Mensos RI mengatakan, kasus penyalahgunaan PKH ini sudah terjadi sejak lama.

“Ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 yang lalu sudah cukup lama,” jelasnya.

Menurut Risma, ini merupakan tindakan yang tidak dibenarkan. Karena menyalahgunakan uang bantuan milik orang lain. Terlebih ini adalah milik orang miskin yang sangat membutuhkan.

“Masak kalian tega melihat saudara-saudara kita yang membutuhkan ini. Mereka ini memiliki keterbatasan, masih tega dibegitukan,” urainya.

Untuk itu, Tri Risma akan memberikan sangsi yang tegas.

“Kalau terbukti bersalah, maka akan dipecat. Kalian (Pendamping) silahkan keluar kalau masih ada yang begitu. Masih banyak yang ingin jadi pendamping,” tegasnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Malang, AKP Donny K Baralangi menjelaskan, pihaknya berhasil mengungkap kasus tersebut dengan mengamankan sejumlah barang bukti.

“Kami berhasil mengamankan barang bukti berupa rekening koran dan Kartu PKH. Sedangkan kerugiannya sebesar Rp 450 juta dan mengamankan pelakunya,” tuturnya singkat.

Dony menyebutkan, bahwa kasus penyalahgunaan PKH yang berhasil diungkap Polres Malang ini merupakan atensi dari Mabes Polri dan Polda Jatim yang telah mendapatkan laporan dari Mensos RI Tri Rismaharini. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait