Jelang Ramadhan, Takmir Masjid Jami Baiturrahim Curungrejo, Gelar Pembinaan Imam Mushola

  • Whatsapp
Foto : Pembinaan imam mushola di masjid Baiturrahim curungrdjo kepanjen
Foto : Pembinaan imam mushola di masjid Baiturrahim curungrdjo kepanjen

MALANGSATU.ID – Takmir masjid Jami Baiturrahim Curungrejo bekerjasama dengan pengurus ranting NU Curungrejo Kepanjen, menggelar kegiatan Pembinaan bagi imam-imam Mushola dan Masjid se Desa Curungrejo, Selasa 6/4/2021.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh 5 Masjid dan 30 mushola, dengan perkiraan peserta 100 orang.

Seperti disampaikan oleh M. Iksan Ketua Takmir Masjid Baiturrahim Curungrejo bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari salah satu pelaksanan program menyambut dan menjemput Berkah Ramadhan 1442H/2021M.

“Menyambut bulan suci ramadhan, kita laksanakan pembinaan bagi imam masjid dan mushola se Desa Curungrejo”, ujarnya.

M. Iksan mengatakan bahwa secara keseluruhan rangkaian kegiatan Ramadhan ada 9 Program unggulan, seperti Takzil dan Buka Puasa Gratis, Pesantren Ramadhan, Nuzulul Qur’an, Kuliah Subuh dan lain-lain.

“Semua rangkaian program kegiatan dimotori oleh Remaja Masjid yang diasuh oleh Ust Zainal Abidin”, terangnya.

Sedangkan kegiatan pembinaan imam-imam mushola dan masjid tersebut, menurut M. Iksan bertujuan untuk memberikan bekal kepada imam rowatib di masing-masing mushola dan masjid.

“Disadari bahwa salah satu kewajiban umat muslim adalah tholabul ilmi, terutama dalam hal ini adalah me-refresh (penyegaran) kembali tentang tata cara sholat terutama bacaan surat Al-Fatihah sebagai salah satu syarat dan rukun sholat”, jelasnya.

Lebih lanjut, M. Iksan mwnyampaikan bahwa pada kegiatan ini, Takmir Masjid menghadirkan narasumber utama Gus Athoillah Mursyid, salah satu pengaauh PPAI Al-Karomah Kepanjen.

Gus Athok, menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengpresiasi kegiatan yang digelar oleh takmir Masjid Baiturrahim.

“Alhamdulillah kegiatan yang sangat penting ini bisa terlaksana dengan baik mudah-mudahan kita selalu diberikan keberkahan oleh Alloh SWT dan dapat mengamalkan ilmu yg kita dapat untuk meraih ridho Allah”, ujarnya.

Gus Athok mengatakan bahwa tujuan lain dari kegiatan tersebut adalah merawat tradisi pembinaan imam-imam sholat rowatib yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan yang sebelumnya diasuh oleh Almarhum Ustadz Imam Syairofi dan Almarhum Al-magfurullah Romo KH.Mudhofir Murtadlo (Pendiri dan Pengasuh PPAI Al-Karomah). (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait