Bupati Malang Resmikan IPAL Komunal Di Desa Babadan Ngajum

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang resmikan IPAL di Desa Babadan Ngajum
Foto : Bupati Malang resmikan IPAL di Desa Babadan Ngajum

MALANGSATU.ID – Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL Komunal di Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang diresmikan oleh Bupati Malang Abah Sanusi (Drs HM Sanusi MM), Rabu 7/4/2021.

Bacaan Lainnya

Fasilitas IPAL Komunal yang bersumber dari APBN dengan anggaran sekitar Rp 500 juta ini bertujuan untuk meningkatkan layanan sanitasi.

Dalam peresmian tersebut, Bupati Malang, HM Sanusi menandatangani prasasti dan meninjau Fasilitas IPAL Komunal tersebut.

Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan, IPAL Komunal tersebut merupakan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS). Sehingga pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat.

“IPAL Komunal ini dikelola oleh Kelompok Pemanfaat yang bertugas dalam pengelolaan dan pemeliharaan. Sehingga diharapkan program ini dapat terus berkelanjutan dan terpelihara,” ujarnya.

Bupati Malang mengatakan, Program ini merupakan wujud upaya Pemkab Malang dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan. Khususnya dalam bidang sanitasi.

Selain itu, program tersebut merupakan implementasi dari Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) yang juga bagian dari Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP) yang digalang oleh Pemerintah Pusat.

“Ini dalam rangka mempercepat Pembangunan di bidang sanitasi dan pemenuhan capaian atas target Sustainable Development Goals 2030  atau SDG’S 2030,” jelasnya.

Bupati Malang menyampaikan bahwa salah satu indikatornya adalah kemudahan atas akses air bersih dan sanitasi.

“Sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan mencegah stunting,” sebutnya.

“Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Malang akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan pemberian akses universal dan adil terhadap kebutuhan air minum yang aman dan terjangkau,” jelasnya.

Bupati Malang, HM Sanusi menyebutkan, selain IPAL Komunal, Desa Babadan, Kecamatan Ngajum nantinya juga mendapat Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat atau SPALD-T yang tujuannya sama yakni meningkatkan pelayanan sanitasi. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait