Ubah Sampah Jadi Rupiah, Mahasiswa Unira Malang Dorong Program Bank Sampah Desa Sengguruh

  • Whatsapp
Foto : Mahasiswa Unira Malang bantu warga dalam program bank sampah
Foto : Mahasiswa Unira Malang bantu warga dalam program bank sampah

MALANGSATU.ID – Program bank sampah Desa Sengguruh menarik untuk diikuti daan menjadi contoh bagi desa lainya, karena mampu meningkatkan penambahan pendapatan bagi warganya.

Bacaan Lainnya

Program ini juga mendapatkan perhatian khusus dari Mahasiswa Unira Malang  peserta kuliah kerja nyata (KKN-T) yang beraada didesa Sengguruh yang turut serta dalam pelaksanaan program bank sampah dengan turun langsung bersama warga melakukan rutinitas pemungutan sampah kerumah warga, Minggu 7/20/2021.

Rutinitas pemungutan sampah tersebut diikuti oleh ibu-ibu PKK dan perangkat desa. Bank sampah ini merupakan program perangkat desa untuk mengurangi limbah sampah plastik dari masyarakat. Sampah yang diambil dari masyarakat dikumpulkan menjadi tabungan warga yang dapat ditukarkan dengan biaya bebas pajak bangunan.

Sri Rahayu, ketua PKK Desa Sengguruh mengatakan bahwa dengan adanya program bank sampah ini diharapakan dapat meringankan beban biaya hidup masyarakat salah satunya pajak bangunan.

Disamping itu, menurut Sri Rahayu bahwa kegiatan bank sampah dilakukan rutin satu bulan sekali.

“Program bank sampah ini sudah berjalan 4 bulan terakhir dilakaukan dengan cara bergilir satu bulan sekali dari setiap RT dan RW”, terangnya.

Sri Rahayu mengatakan bahwa pemungutan limbah sampah kali ini bertepatan di RW 03,  dimulai dari salah satu rumah warga kemudian dilanjutkan mengelilingi rumah warga di RW 03 tersebut.

“Sampah diambil dari warga kemudian di timbang dan di catat berdasarkan nama yang menyetorkan sampah”, ujarnya.

Sementara itu mahasiswa KKN-T Unira Malang yang turut berpartisipasi sebagai pelaksana dalam pemungutan limbah sampah tersebut, dengan membantu memunguti limbah sampah masyarakat. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait