Sejarah Baru Ansor Kab Malang, HM Sanusi Kader Ansor Pertama Yang Dilantik Jadi Bupati Malang

  • Whatsapp
Foto : HM Sanusi bersama Banser dalam sebuah kegiatan Diklatsar Banser
Foto : HM Sanusi bersama Banser dalam sebuah kegiatan Diklatsar Banser

MALANGSATU.ID – Pelantikan Bupati Malang terpilih akan digelar besok di gedung negara Grahadi Surabaya, HM Sanusi menjadi kader Ansor pertama yang dilantik sebagai Bupati Malang.

Bacaan Lainnya

Seperti disampaikan oleh ketua PC GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim Sy, MH bahwa HM Sanusi adalah kader Ansor pertama yang jadi Bupati Malang.

“Tentu kami bangga ya, kader Ansor terpilih dan dilantik jadi orang nomer satu di Kabupaten Malang”, ujarnya, Kamis 26/2/2021.

Husnul Hakim mengatakan bahwa HM Sanusi merupakan kader Ansor yang memulai jenjang pengkaderan sejak ditingkat kecamatan.

“Beliau ini kader Ansor asli, sejak sebelum jadi anggota dewan sudah menjabat sekretaris PAC Ansor Gondanglegi dan pernah di wakil ketua PC Ansor Kabupaten Malang, jadi bukan kader karbitan”, ujarnya.

Menurut ketua Ansor Kabupaten Malang ini, bahwa perjalanan panjang karir HM Sanusi dijalani tidak pernah lupa akan almamaternya.

“Perjalanan karir beliau panjang, dan tetap Istiqomah di Ansor dan NU”, ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya, HM Sanusi memang menjabat Bupati Malang setelah beberapa waktu sebagai Plt Bupati. Ia meneruskan perjuangan Bupati Malang, Rendra Kresna yang tersandung kasus korupsi. HM Sanusi yang saat itu Wakil Bupati Malang meneruskan estafet kepemimpinan Rendra.

Husnul Hakim berharap HM Sanusi sebagai representasi kader NU dan kader Ansor yang berada di eksekutif mampu memberikan dampak positif untuk kemakmuran masyarakat Kabupaten Malang secara menyeluruh.

Husnul menguraikan, karir HM Sanusi baik di NU maupun GP Ansor terbilang aktif hingga PW GP Ansor Jatim. HM Sanusi menjabat sebagai Dewan Penasehat PW GP Ansor Jawa Timur periode 2019-2023.

Ia juga Dewan Penasehat GP Ansor Kabupaten Malang periode 2017-2021. Dulu, HM Sanusi aktif sebagai Wakil Ketua GP Ansor Kabupaten Malang periode 2002-2005.

Pada tahun 1994-1997 HM Sanusi menjabat Sekretaris PAC GP Ansor Gondanglegi, Kabupaten Malang. Karirnya terus mentereng hingga didapuk sebagai Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Gondanglegi pada tahun 1998-2001. Dari situlah, ia terus mengembangkan karir organisasinya di Ansor.

Dalam pilkada tahun 2020, HM Sanusi duet bersama Didik Gatot Subroto (Pasangan SANDI) berhasil meraih suara terbanyak dan dinyatakan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten Malang.

Husnul menjelaskan, ia tidak ingin ada sosok pemimpin yang diklaim sebagai Kader GP Ansor setelah menjabat posisi strategis.

Kader GP Ansor senantiasa dijaga marwahnya agar tidak menjadi alat oknum kelompok yang ingin mengambil manfaat.

“Beliau ini memang benar-benar kader Ansor. Bukan setelah jadi Bupati lalu diansorkan,” tegasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait