Polisi Tangkap Spesialis Penggelapan Mobil Rental Di Tumpang

  • Whatsapp
Foto : NF spesialis penggelapan mobil rental ditangkap polisi
Foto : NF spesialis penggelapan mobil rental ditangkap polisi

 
MALANGSATU.ID – Spesialis penggelapan mobil rental asal tumpang ditangkap polisi, dia adalah Seorang wanita berinisial NF, 26, warga Desa Duwet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

NF ditangkap oleh Polres Malang dan Polsek Tumpang pada 17 Februari lalu. NF merupakan satu dari dua pelaku spesialis penggelapan mobil rental.

Tersangka lainya adalah AB, 27, suami NF. Saat ini masih dalam pengejaran Polres Malang.

Tersangka bersama suaminya telah menggelapkan sebanyak 19 unit kendaraan rental. Belasan kendaraan itu milik pengusaha rental di wilayah Tumpang. Terhitung ada 3 pengusaha rental yang menjadi korban.

Seperti disampaikan oleh Kasatreskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo di Mapolsek Tumpang, bahwa modus yang dipakai oleh tersangka adalah dengan mengaku memiliki koperasi kemudian menyewakan mobil tersebut.

“Modusnya, pasutri ini mengaku memiliki koperasi. Mereka juga akan menyewa mobil milik Paguyuban Rental Tumpang,” ujarnya, Senin 22/2/2021.

Menurut Andaru, tersangka berjanji akan menyewa belasan mobil itu dengan harga Rp 3 juta untuk 10 hari.

“Sebagai DP, pelaku membayar Rp 1 juta. Mereka menjanjikan pelunasan ketika mengembalikan mobil 10 hari kemudian,” terangnya.

Tetapi, menurut Andaru para tersangka bukannya memakai mobil. Tersangka justru menggadaikan belasan kendaraan rental itu. Mereka menggadaikanya seharga Rp 20-50 juta per unit.

“Korban percaya menyewakan ke pelaku. Karena, mereka saling kenal. Sekaligus AB merupakan salah satu mantan pamong desa,” ujarnya.

Andaru menambahkan bahwa perbuatan tersangka ini berhasil diendus oleh korbas Sehingga melaporkan kejahatan ini ke Polsek Tumpang.

Atas dasar laporan korban ini, Polres Malang turun tangan karena korbannya rugi ratusan juta. Polisi mencari keberadaan kedua tersangka.

Kemudian satu tersangka, NF berhasil tertangkap. Polisi membekuknya di kawasan Sawojajar, Kota Malang.

“Sedangkan pelaku lain yakni suaminya masih kami cari. Karena, dugaannya yang bersangkutan menjalankan aksi yang sama sendirian,” terangnya.

Atas perbuatan tersangka ini, Polres Malang menjerat spesialis penggelapan mobil rental dengan dua pasal. Yakni pasal 378 dan 372 KUHP. Dengan ancaman 4 tahun penjara.(*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait