Tunggu Instruksi Pusat, Pemkab Malang Siapkan Pelaksanaan PSBB

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi

MALANGSATU.ID – Pemerintah pusat telah umumkan rencana penerapan PSBB di Provinsi Jawa dan Bali, yang akan dimulai pada tanggal 11-25 Januari 2021, hla ini utarakan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto.

Bacaan Lainnya

Hal ini membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bersiap-siap meski belum menerima instruksi pusat.

Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima surat edaran mengenai rencana pelaksanaan PSBB.

“Sampai saat ini belum ada ketentuan surat (edaran pelaksanaan PSBB, red), sejauh ini belum ada instruksi langsung, belum ada,” ujarnya, Kamis 7/1/2021.

Menurut Abah Sanusi, bahwa keputusan kembali diberlakukannya aturan tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020, yang membahas tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Tapi PSBB tersebut, peluangnya sangatlah kecil. Menginggat waktu persiapan yang hanya menyisakan beberapa hari kedepan, ya sampai saat ini belum ada instruksi, sepertinya tidak mungkinlah kalau tanggal 11 dilaksanakan (PSBB),” jelasnya.

Walaupun demikian, menurut Abah Sanusi, sekecil apapun kemungkinan tersebut bisa saja terjadi jika Pemerintah pusat benar-benar berkehendak.

“Bisa terjadi jika intruksi dari pusat, kita (Pemerintah Daerah) tinggal melaksanakan saja. Kalau (kebijakan itu, red) memang harus terpadu,” terangnya.

Abah Sanusi, menambahkan bahwa pelaksanaan PSBB akan dikoordinir langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

”Selama ini PSBB pelaksanaannya tetap diserahkan ke daerah masing-masing, seperti PSBB tahun lalu itu. Kalau Malang Raya PSBB, ya dikendalikan langsung oleh Gubernur bersama Forkopimda Jatim,” pungkasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait