Resmi Di Launching, Pilkada Kabupaten Malang Tetap Jalan Sesuai Tahapan

  • Whatsapp
Foto : Launching pilkada kab malang
Foto : Launching pilkada kab malang

MALANGSATU.ID – Tahapan Pilkada Kabupaten Malang resmi dilaunching oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, Kamis 24/9/2020 malam.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam Launching Pilkada tersebut Kapolres Malang, Kapolres Batu dan Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Bawaslu serta kedua calon Bupati-Wakil Bupati yang sudah ditetapkan yakni Pasangan Sanusi-Didik Gatot Subroto (SANDI)dan pasangan Lathifah Sohib-Didik Budi Moeljono (LADUB).

Ddakam kesempatan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini mengatakan bahwa momen pilkada tahun ini terasa spesial, lantaran diselenggarakan di tengah pandemi covid-19. Meski belum ada referensi, namun KPU tetap akan menggelar Pilkada dengan melaksanakan prinsip protokol kesehatan.

“Semua tahapan Pilkada akan tetap menggunakan Prokes kesehatan pencegahan Covid-19” ujarnya.

Anis Suhartini mengatakan bahwa meski cukup berat, namun tetap optimis bahwa semua tahapan Pilkada Kabupaten Malang akan berjalan dengan lancar, kendati harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Harapannya proses tetap berjalan, keselamatan dan kesehatan tetap diprioritaskan.

“Ini menjadi tugas kita bersama untuk tetap menjalankan semua tahapan, tapi tetap memperhatikan prokes Covid-19. Luas wilayah Kabupaten Malang dengan 390 desa kelurahan menjadi tantangan kita untuk menyelenggarakan Pilkada ditengah pandemi Covid-19” terangnya.

Anis juga menandaskan bahwa pihaknya siap disanksi jika tidak bisa membuktikan penerapan prokes pada tahapan pilkada tersebut. Karena hal itu menjadi komitmen untuk tetap menggelar Pilkada sesuai Prokes Covid-19.

Sementara Komisioner KPU Jatim Rochani mengingatkan, bahwa penegakan prokes pada momen pilkada 2020 tersebut jangan hanya dibebankan kepada penyelenggara. Menurutnya, menjadi tugas bersama mencipatkan Pilkada yang aman dan nyaman.

Bahkan, agar semua tahapan Pilkada tersebut sukses, lanjut Rochani, seluruh KPU di Jatim melaksanakan rapid test secara berkala ditengah menjalankan tugas menyiapkan Pilkada tersebut.

“Kita lakukan secara berkala, untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatan rekan-rekan di KPU karena ditengah pandemi Covid, tugas mereka terasa sangat berat, selain menjalankan seluruh tahapan Pilkada, juga harus dihadapkan pada persoalan pandemi Covid” ulas Rochani.

Dia berharap, seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Malang dapat berjalan dengan lancar, tapi tetap dengan mematuhi prokes pencegahan Covid-19. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait