Peduli Kesejahteraan Guru Honorer, Bupati Malang Akan tingkatkan Gaji TPK

  • Whatsapp
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi buka konferensi PGRI Kab Malang
Foto : Bupati Malang, HM Sanusi buka konferensi PGRI Kab Malang

MALANGSATU.ID – Kepedulian tinggi Bupati Malang, HM Sanusi terhadap keberadaan guru honorer yang gajinya masih jauh dari kata cukup, dengan akan meningkatkan gaji Tenaga Pendidik Kontrak (TPK) atau guru Honorer hingga Rp 2 juta per bulan.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Bupati Malang saat membuka acara Konferensi Kabupaten PGRI Kabupaten Malang, Sabtu 19/9/2020.

Bupati Malang mengatakan hal ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer yang selama ini gajinya masih minim.

“Gaji guru honorer selalu dikeluhkan, karena nilainya masih kecil. Insyaalloh oada 2021 nanti kami upayakan untuk dinaikkan hingga Rp 2 juta,” terangnya.

Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan bahwa kebijakan itu, akan diberlakukan untuk semua tingkatan sekolah yang berada di bawah naungan Pemkab Malang.

“Baik SD maupun SMP Negeri atau Swasta, yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang gajinya akan kami tambah”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PGRI Kabupaten Malang, Dwi Sucipto mengatakan akan mengawal terus agar gaji guru honorer meningkat seperti yang disampaikan oleh Bupati Malang.

“Kesejahteraan guru memang masih kurang. Oleh karenanya nanti akan kita kawal dari sisi regulasinya,” ujarnya.

Sementara itu terkait dengan kekurangan tenaga pendidik, Dwi mengatakan bahwa jumlah kekurangan guru di Kabupaten Malang kurang lebih sebanyak 6400 orang.

“Ini juga yang menjadi PR kita kedepan,” tandasnya.

Sebgaai informasi, jumlah guru honorer di Kabupaten Malang, sebanyak 4.747 orang untuk Sekolah Dasar (SD), dan 1.274 orang untuk guru SMP. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait