Mentan Sebut Pertumbuhan pertanian Naik Meski Covid Dan Puji Bupati Malang

  • Whatsapp
Foto : Mentan RI bersama Bupati Malang
Foto : Mentan RI bersama Bupati Malang

MALANGSATU.ID – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menyebutkan pertumbuhan pertanian di Indonesia meningkat hingga 16,4 persen meski ditengah Pandemi Covid -19.

Bacaan Lainnya

Hal itu berbeda dengan sektor -sektor lainnya yang mengalami penurunan signifikan hingga 5 persen.

“Hal ini berkat tangan dingin bupati Malang dan seluruh jajaran Pemkab Malang untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Syahrul Yasin Limpo saat memberangkatkan ekspor komoditi Kubis di desa Wonorejo Poncokusumo, kamis 3/9/2020.

Syahrul menyebutkan, komoditi Pertanian adalah sebuah industri yang cukup menjanjikan, karena menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Jika kebutuhan lainnya bisa ditunda, kebutuhan perut yang dipastikan tidak bisa ditunda.

“Artinya lebih mengarah kepada sektor pertanian sebagai salah satu bagian utama perekonomian dan peluang bisnis Pertanian tetap terbuka lebar. Contohnya ekspor kubis ini, meski covid , justru permintaannya sangat banyak dan kewalahan , saat ini kemampuannya sudah 230 kontainer sedangkan permintaan pasar bisa mencapai 400 kontainer,”beber Syahrul Yasin Limpo

Syahrul berharap, Pemda,TNI, Polri ikut mndorong peningkatan kualitas industri pertanian, agar dapat bersaing dengan komoditi Luar Negeri. Selain itu Syahrul meminta dunia perbankan untuk tidak setengah-setengah menggelontorkan bantuan pinjaman lunak kepada pelaku pertanian, bahkan Syahrul menyebutkan dirinya siap menjamin pinjaman lunak yang diberikan kepada para pelaku industri pertanian.

“Kalau mau makmur, rawat pertanian agar terus berkembang sehingga menjadi pondasi kuat perekonomian sebuah negara dan daerah. Saya menginginkan komoditi pertanian bisa tembus pasar Arab Saudi,”tandas Syahrul Yasin Limpo

Komoditi kubis yang diberangkatkan Menteri Pertanian itu sendiri dikirim ke pasar Taiwan yang memang menjadi pasar utama komoditi Kubis dan Kentang. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait