Gelar Aksi Damai, PMII Raden Rahmat Kawal Pilkada Bersih

  • Whatsapp
Foto : Puluhan aktifis PMII Raden Rahmat gelar aksi damai dukung pilkada bersih
Foto : Puluhan aktifis PMII Raden Rahmat gelar aksi damai dukung pilkada bersih

MALANGSATU.ID – Puluhan aktifis Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Raden Rahmat menggelar aksi damai untuk mengawal Pilkada bersih dan anti money politik di kantor KPU Kabupaten Malang, Sabtu 12/9/2020.

Bacaan Lainnya

Aksi damai ini di awali dengan penyampaian aspirasi dari kader2-kader PMII Komisariat Raden Rahmat, dengan melakukan orasi dan membawa berbagai poster.

Dalam orasinya, Hanif selaku ketua Komisariat Raden Rahmat Malang, menegaskan bahwasanya PMII Komisariat Raden Rahmat berkomitmen dalam mengawal proses jalanya demokrasi di Kabupaten Malang,.

“Aksi ini merupakan komitmen kader-kader PMII Raden Rahmat Malang dalam mengawal jalanya pesta demokrasi Kabupaten Malang”, tegasnya.

Hanif mengatakan bahwa aksi damai ini di gagas untuk mendukung penuh KPU Kabupaten Malang untuk bersikap Independen dan profesional dalam melaksanakan tahapan pilkada.

“Kami mendukung KPU Kabupaten Malang agar independen tanpa ada intervensi dari pihak manapun dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara”, tandasnya.

Lebih lanjut, Hanif menyampaikan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah Agenda Demokrasi sebagai wujud kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpinnya.

“Masyarakat Kabupaten Malang akan ikut dalam gegap gempita demokrasi Pilbup pada 9 desember 2020. Kebebasan berdemokrasi dan kedaulatan rakyat adalah dua marwah demokrasi yang harus tetap di jaga”, terangnya.

Menurut Hanif, pesta demokrasi jangan sampai di nodai oleh pihak-pihak yang mengikuti perintah elit politik, guna mengambil paksa hak rakyat.

“Ini adalah momentum rakyat memilih pemimpinnya secara langsung dan demokratis, maka jangan ada pihak-pihak yang akan merusak dan mengambil hak rakyat tersebut”, terangnya.

Maka dari itu, menurut Hanif pengurus komisariat PMII Raden Rahmat Malang menegaskan bahwa Mendukung penuh komisi pemilihan umum (KPU) Kabuaten Malang untuk bersikap independen.

“Selanjutnya, kami akan mengawal dan melakukan sosialisasi terhadap seluruh masyarakat Kabupaten Malang tanpa terkecuali baik melaui media sosial maupun tatap muka”, ujarnya.

Selanjutnya, Hanif menambahkan bahwa KPU harus menjamin demokrasi yang jujur, adil, serta transparan dalam pilkada 2020 Kabupaten Malang.

“Kita berharap KPU menyelenggarakan pesta demokrasi ini dengan jujur, adil dan transparan untuk menjaga hak demokrasi masyarakat Kabupaten Malang”, pungkasnya.

Sementara itu, Khotib selaku Korlap aksi, menyampaikan bahwasanya aksi dimulai dengan titik kumpul di depan stadion Kanjuruhan Malang, kemudian dengan kawalan oleh pihak kepolisian bergerak menuju kantor KPU Kabupaten Malang.

Aksi damai dari kader-kader PMII Komisariat Raden Rahmat tersebut diterima oleh salah satu komisioner KPU Kabupaten Malang, Abdul Fatah
dan menanggapi kalau aspirasi dari aktifis PMII Komisariat Raden Rahmat ini diterima dengan baik.

“Kami sampaikan terimakasih atas kedatangan sahabat-sahabat PMII, kami sambut dengan baik dan kami sebagai penyelenggara berkomitmen akan melaksanakan Pilkada ini sesuai Undang-undang yang berlaku”, tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait