Forkom BUMDes Kab Malang Dikukuhkan, Gerakkan Ekonomi Desa

  • Whatsapp
Foto : Suasana pengukuhan forkom Bumdes di pendopo kab malang
Foto : Suasana pengukuhan forkom Bumdes di pendopo kab malang

MALANGSATU.ID – Mewakili Bupati Malang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat kukuhkan Forum Komunikasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin 14/9/2020.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Suwadji, dan pengurus Forum Komunikasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Malang.

Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, dalam membacakan amanat Bupati Malang, menyebutkan bahwa perkembangan BUMDes di Kabupaten Malang sangat menggembirakan, ada 79 BUMDes yang sudah mandiri.

“Banyak juga BUMDes yang menjadi rujukan nasional. Salah satunya yang diunggah dalam YouTube pak Presiden Jokowi, BUMDes Pujon Kidul. Itu menjadi kebanggaan kita” terangnya, Senin 14/9/2020.

Wahyu berpesan, bahwa dengan adanya forkom BUMDes bisa membangun desa secara mandiri serta bisa menciptakan lapangan kerja.

“Diharapkan dengan adanya forum komunikasi ini, seluruh BUMDes di Kabupaten Malang bisa bersinergi”, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Suwadji menilai, pembentukan forum ini sangat penting untuk mengembangkan BUMDes serta untuk membangun komunikasi antar sektoral.

“Keberadaan Forkom BUMDes sebagai wadah komunikasi dalam pengembangan, baik internal antar BUMDes ataupun lintas, baik pemerintah daerah, juga untuk komunikasi manakala ada kerjasama dengan pihak ketiga” ujarnya.

Suwaji juga menambahkan, bahwa dengan adanya forum ini bisa dijadikan untuk saling bertukar pikiran antar pengurus BUMDes, serta di tiap unit usaha bisa berkembang, komunikasi bisa intensif, bahkan bisa menjadi maju dan mandiri.

“Ini wadahnya bagi pengelola BUMDes, untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya pengelolanya, kemudian meningkatkan lembaganya, juga unit usahanya” ujarnya.

Menurut Suwaji, selama ini keberadaan BUMDes di Kabupaten Malang cukup membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

“Di kabupaten sekarang ini ada 300 desa dan sudah terbentuk BUMDes, ada 79 BUMDes yang bisa dikatakan maju. Saya katakan maju karena bisa memberikan kontribusi berupa masukan PADes, mampu bekerjasama dengan pihak ketiga, peluang kerja dan mampu mengembangkan potensi yang ada di desanya” tandasnya. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait