Ditetapkan Sebagai Calon Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto Mengundurkan Diri Dari Ketua DPRD Kab Malang

  • Whatsapp
Foto : Proses rapat paripurna pemberhentian ketua DPRD Kab Malang
Foto : Proses rapat paripurna pemberhentian ketua DPRD Kab Malang

MALANGSATU.ID – Jadi Calon Wakil Bupati Malang mendampingi calon Bupati Malang, HM Sanusi, Didik Gatot Subroto Ketua DPRD Kabupaten Malang resmi mengundurkan diri.

Bacaan Lainnya

Pengunduran diri Ketua DPRD Kabupaten Malang tersebut, secara resmi dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dalam agenda pemberhentian Ketua DPRD Kabupaten Malang masa jabatan 2019-2024 di ruang Sidang DPRD Kabupaten Malang, Rabu 23/9/2020.

Tampak hadir jajaran anggota DPRD Kabupaten Malang, Bupati Malang HM. Sanusi, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, serta beberapa perwakilan kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Malang dalam agenda Rapat Paripurna pemberhentian Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Selanjutnya untuk pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Kabupaten Malang, diisi oleh Sodikul Amin yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Didik Gatot Subroto dalam sambutanya menyampaikan 8permohonan maaf setinggi-tingginya jika selama ia menjabat terdapat salah kata atau perbuatan kepada seluruh pihak.

Didik menyampaikan permohonan maaf tersebut utamanya kepada pihak-pihak SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang kerap kali dihubungi olehnya manakala terdapat kesalahan dalam tugas SKPD di lapangan.

“Saya sering spontan mengangkat telepon, mengontak SKPD. Tentunya dalam proses tersebut, ada ucapan-ucapan yang kira-kira tidak berkenan di hati panjenengan semuanya,” ucapnya.

Didik mengatakan bahwa hal itu dilakukan bertujuan semata-mata untuk memajukan kepentingan semua pihak.

“Tapi semata-mata saya berharap, ada sesuatu yang bisa kita lakukan. Saya yakin kita bisa dan semuanya untuk kepentingan dan kemajuan kita bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Malang, HM Sanusi dalam sambutannya,
mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kerja dari Didik Gatot Subroto dalam menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang.

“Terima kasih atas kontribusi, pengalaman dan kerja samanya dengan Pemerintah Kabupaten Malang selama ini. Banyak kolaborasi positif antara DPRD dan Pemkab Malang untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Malang, HM Sanusi juga menjelaskan bahwa proses pengunduran diri Didik Gatot Subroto ini sudah sesuai dengan aturan pada undang-undang dan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga Peraturan KPU nomor 3 Tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Bahwa calon kepala daerah dan wakil kepala daerah harus menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota DPRD,” terangnya.

Sedangkan menurut Sodikul Amin, dalam sambutannya Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Kabupaten Malang, mengatakan bahwa dalam satu tahun dibawah komando Didik Gatot Subroto, DPRD KAbupaten Malang telah banyak perubahan yang terjadi.

“Kita satu tahun dalam komando beliau, memang banyak perubahan yang cukup baik di kelembagaan legislatif Kabupaten Malang,” ujarnya.

Sodikul Amin mengatakan bahwa selain banyak perubahan, kepemimpinan Didik Gatot Subroto selama satu tahun ini memberikan banyak hal baru dalam kegiatan tujuan pokok dan fungsi dari kedewanan.

“Dalam rangka menguatkan Pemerintah Kabupaten Malang untuk mewujudkan masyarakat yang lebih baik di masa mendatang,” ujarnya.

Sebagai informasi bahwa Didik dilantik menjadi Ketua DPRD Kabupaten Malang pada 30/8/2019. Setelah setahun menjabat, dia harus meninggalkan dewan karena maju dalam pilkada menjadi Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Calon Bupati Malang, HM Sanusi. (*)

Pondok Pesantren di Malang

Pos terkait